5 tahap pengembangan web bisnis untuk meningkatkan omzet

Mengembangan media online untuk meningkatkan omzet penjualan, sudah menjadi bahasan umum, banyak cara yang bisa dilakukan, namun ada pola dasar yang sejatinya dikemas secara simpel untuk pengembangan web bisnis bermisi dongkrak omzet. Hal ini penting karena memang kebanyakan dalam pengembangan web bisnis, hanya sekedar dibuat dan online, tidak memiliki daya ungkit untuk meningkatkan penjualan secara umum, bahkan omzet pun tidak meningkat, malah turun, karena mungkin web bisnis perusahan ini hanya sebagai pelengkap dan simbol kalau sudah memasuki  era moderenisasi, meski minimalis dan tanpa perencanaan. Kebetulan dalam 1 bulan ini ada 5 web yg saya susun marketing plannya, untuk diarahkan menjadi web yang strategis dalam meraih pendapatan, berbasi peningkatan omzet, baik untuk produk jasa maupun barang, penekanan pada 5 faktor menjadi penting, karena memang web bisnis bukan sekedar online dengan teks dan gambar, namun ada persuasi /daya bujuk yang kuat, kemudahan, user friendly dll

5 faktor perencanaan web bisnis untuk online marketing bagi UKM atau perusahaan, sebaiknya menekankan kepada hal di bawah ini :

Pertama, Format Media dengan menerjemahkan Profile perusahaan menuju karakteristik media, dalam hal ini misal kesesuaian warna, lay out, bentuk animasi /atraksi, hingga sampai menjaring interaksi yang diinginkan, pada step ini sebaiknya melibatkan banyak unsur agar web bisnis memiliki daya dorong dalam meningkatkan omzet, bukan sekedar company profile pasif saja. Selain itu tentu dalam aspek ini perlu ada kesepakatan pengelolaan ke depannya, seperti apa, oleh siapa, dan bagaimana. Sehingga dari sini menghasilkan perencanaan tertulis media online yang akan dijadikan acuan, termasuk halaman apa saja, foto apa saja, teks apa saja, gaya bahasa. Semua dibuat simpel namun tetap terencana dengan baik, agart tidak terjadi redesign dan reformat. Ini membuat kerja lebih berat. Kebanyakan UKM, Pengusaha dan perusahaan lemah dalam aspek ini, taunya online saja, pasrah ke developer, omzet segitu gitu saja cukup.

Kedua, kreasi, pada tahap ini pembuatan media online berjalan, bisa dikerjakan oleh tim internal maupun outsourching yang terpenting adalah, jika kepada tim eksternal perlu diberikan jabaran lengkap berkenaan rencana format media, dan pada kondisi ini pengisian konten, navigasi sebaiknya mengacu SEO (Search engine optimization) agar stukrtur web mudah dikenali oleh search engine dan mudah ditemukan dalam pencarian online, tentu hal ini untuk mendukung promosi online 24 jam nonstop dengan meningkatnya omzet penjualan dari online, meskti tim marketing sedang libur. Kreasi web dengan struktur ini bisa diawasi setiap minggu, saat menyentuh  area Teknis Programing sampai dengan pengisian konten teks dan gambar/video, semua dalam format yang search engine friendly, ini tidak terlalu susah, namun butuh pendamping dan konsultan dengan pengalaman yang tinggi, dalam taktik meningkatkan omzet dengan media online.

Ketiga, optimasi di search engine, pada tahap ini web dipastikan memiliki format struktur yang search engine friendly, sehingga pada tahap optimasi ini sudah tinggal melengkapi dan melanjutkan proses sebelumnya, kreasi, yang perlu dilakukan tahap ini adalah memeriksa kembali semua konten berdasarkan dari kondisi terkini, pesaing dan perkembangan respon search engine. Libatkan pesaing  terutama yang omzetnya terus meningkat, untuk melihat dan menentukan langkah menyaingi, karena yang namanya optimasi ibarat balapan motor, dan harus menang, setelah motor jadi dibuat/seting maka dicobakan, ini yang namanya optimasi, sehingga ketika dicoba sendirian motor sudah kencang, tetap harus dicobakan dengan motor pesaing-pesaingnnya.  Dan pada tahapan ini pula, perlu dikuatkan dengan peningkatan backlink, atau tautan, yaitu membuat kondisi agar web mendapatkan link berkualitas dari web lain, bahasa awamnya “banyak web lain memberikan link ke web bisnis kita ini”

Keempat, promosi, pada tahapan ini promosi menggunakan semua cara, berdasar prioritas dari perencanaan, ada belasan metode promosi, dan ratusan alat,  yang awam mungkin bisa mempromosikan dengan social media, kartu nama, brosur, email, SMS, namun yang expert tentu bisa menggunakan puluhan jenis web marketing untuk meningkatkan promosi. Promosi dalam hal ini  baiknya gunakan kolaborasi antara offline dan online, dengan format perlahan tapi pasti bergerak, artinya terus dibangun promosinya, karena web tanpa dipromosikan kembali, daya marketingnya kurang, omzet tidak meningkat, percuma.

Kelima, analisa, pada tahapan ini disusun  2 mingguan, 3 mingguan atau 1 bulanan, yang jelas perlu menganalisa, dari kunjungan web, posisi di hasil pencarian search engine, respon pasar, pengaruh ke omzet, hambatan teknis web, dll hingga ada 40 elemena analisa, bahkan lebih. Pada analisa web bisnis ini menentukan langkah pengembangan bulanan, meski hanya kecil-kecil, namun itu sifatnya membangun terus menerus. Analisa dilakukan secara tertulis dengan tabel, dan bahasa analisa dengan kaidah manajemn marketing, bukan IT saja, sehingga bisa dikonsumsi oleh semua SDM di perusahaan yang terlibat. Analisa ini sangat penting, karena berkenaan pula dengan anggaran tahunan pengembangan IT terutama untuk web bisnis, sehingga omzet bisa meningkat drastis dengan bantuan media online.

Selamat merencanakan, berkreasi, optimasi, promosi, dan analisa, semoga omzetnya meningkat jauh setelah dengan menggunakan media online


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. *

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan