Bersaing tingkatkan omzet dgn memecah produk & layanan

Kalau amati akhir-akhir ini di akhir tahun 2013, persaingan sudah mengarah kepada kreatifitas harga dan memberikan pengertia harga yg masuk akal. Baik itu untuk produk berupa barang dan layanan, tidak saja produk besar nasional namun juga internasional.
Memecah produk dan layanan yang dimaksud adalah, agar harga lebih murah dengan memberikan fitur yg logic, dan konsumen memilih sendiri sesuai kebutuhan, konsumen tidak dibanjiri semua fitur yg bisa dipasangkan, meski hanya sebagian yg bisa benar-benar menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen, apalagi masing-masing konsumen memiliki tingkat kebutuhan dan kepekaan produk yang berbeda.
Saya coba ambil contoh yang bisa menjadi pelajaran di tahun 2013 ini.
Pertama, Layanan penerbangan  Air Asia, harga murah, namun jika ada bagasi tertentu harus menambah biaya, atau istilahnya ada biata tambahan. Sedang di sisi lain, ada penerbangan yg sengaja melonggarkan bagasi lebih leluasa hingga 30kg lebih, namun harga lebih tinggi, karena menyatu. Air asia memecah layanan  antarra naik pesawat, jasa penitipan barang, dan pemilihan nomor kursi dll
Kedua, minggu ini santer tentang launching mobil murah dari Daihatsu dengan AYLA dan Toyota dengan AGYA, keduanya di bawah 100 juta, bahkan AYLA dimulai dari 76juta, tapi itu belum ada AC dan AUdio, jadi ibarat istilah umum, seperti kosongan. Jika ingin menambah fitur yah nambah lagi, jadi ada beberapa fitur yg bisa dibeli kemudian.
Ketiga, produk lama NETBOOK, bisa menembus pasar dengan harga 2jutaan, namun didalamnya tidak ada Optical Drive, baik itu CD ROM, DVDROM/COMBO, harus beli terpisah. dan menjadi External. Saya pun  membeli salah satu produk netbook, murah karena memang itu kebutuhan saya, kadang CD ROm tidak harus diperlukan tiap hari, mungkin hanya 1 bulan sekali, sehingga tidak merasa ada yang kurang dalam fitur  netbook ini.
Keempat, barusan saja saya mendapat fasilitas Hotel dari Panitia Seminar, harga cukup murah tapi interior exclusive, namun tidak ada fasilitas Free Makan Pagi, termasuk bayar terpisah untuk nambah Sampo, Nambah Minuman juga pesan terpisah dll. Karena di sadari mungkin penginap ada yg membawa sendiri. dll
Sehingga dalam merumuskan harga, kita bisa kreatif dari model pemecahan layanan atau fitur produk, agar bisa bersaing menempus perluasan pasar yg begitu cepat. Yang terpenting korelasikan antara hal di atas dengan Differensiasi dan Positioning yg dibangun, agar tidak kehilang Core Bisnisnya, dengan harapan ada peningkata Omzet dari sana.

 


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan