Marketing Strategi Bisnis

Dasar Marketing : Mengenal Penetrasi Pasar dan Pengembangan Pasar

Banyak sekali kalimat tentang Penetrasi pasar dan pengembangan pasar, lalu apa sebenernya perbedaan dari keduanya?

Penetrasi pasar, logikanya seperti ini, jika Anda sudah memiliki produk saat ini, jika produkĀ  Anda sudah bisa masuk pasar saat ini, maka PENETRASI PASAR adalah upaya meningkatkan penjualan produk lama di pasar yang lama dengan menguatkan aspek promosi, dengan iklan yang makin efektif dan variatif sesuai target pasar atau mungkin dengan cara endekatan yang berbeda namun lebih membumi. Misal produk INDOMIE, ketika isinya sama dari dulu kala, namun pendekatan kepada pengecer, para penjual WARUNG INDOMIE semakin baik agar tetap konsisten menjual merek a Indomie.

Sehingga penetrasi pasar akan berbeda dengan PENGEMBANGAN PASAR, karena kalau dilihat dengan jeli maka pengembangan pasar adalah upaya yang dilakukan ketika pasar lama sudah jenuh, stabil, maka bisa melakukan upaya untuk membuka di pasar yang baru, sehingga ini lah yang dikatakan PENGEMBANGAN PASAR, misal membidikĀ  segmen baru. Ini bisa belajar dari produk MINUMAN SUPLEMEN yang dulunya dalam iklan menggunakan tokoh binaragawan ADE RAY karena ingin membidik pasar olahragawan maka di sisi lain menggunakan tokoh musik INUL DARATISTA karena ingin melebarkan pasar yang baru dengan segmen kaum wanita karir, sehingga tidak hanya pria wanita pun boleh. kemudian muncul lagi dengan tokoh baru MBAH MARIJAN, untuk mengembangkan pasar di Kaum Tua/Sepuh sekaligus menggambarkan bahwa minuman ini juga aman untuk orang tua.

Itulah penetrasi pasar dan pengembangan pasar yang sangat penting untuk dipahami.

Semoga dengan memahami perbedaan penetrasi pasar dan pengembangan pasar dapat semakin mudah memahami strategi marketing

Marketing Strategi Bisnis


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent



    9 + = 18

    Bisnis & Marketing

    facebook ipan pranashakti bisnis marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan