Dongkrak omzet dengan media online

Mendongkrak omzet sebenernya bisa dilakukan secara spontan dan sistematis. Baik itu untuk UKM atau skala perusahaan besar. Yang terpenting adalah upaya mendongkrak omzet memiliki tujuan yang jelas, artinya memang dilakukan dengan upaya yang penuh kesadaran bahwa di media online, media kita bisa langsung di tanggapi oleh pihak yang mendukung atau melawan, maksudnya

  1. Mendukung adalah secara emosional memang pro dengan produk kita,
  2. Melawan adalah secara emosional tidak puas atau justru kamuflase dari pesaing yang memainkan peran di media online dengan berbagai manuver.

Beberapa lama ini saya melihat sebuah media tentang MotoGP, di mana sangat kelihatan antara Sales Honda dan Sales Yamaha begitu adu persepsi, ada yg tampak jawaban sistematis ada yang begitu saja alamiah.

Yang terpenting adalah apakah pola itu benar-benar akan berdampak pada omzet, apakah benar -benar menyebabkan kenaikan omzet.

Maka dengan cara ini dapat dilakukan dengan model melakukan Checklist, karena pada dasarnya untuk promosi di media online dapat menggunakan beberapa cara yang sistematis, antara lain :

  1. Menyesuaikan segmentasi dahulu, sehingga jelas, dimanakah segmen itu beradaptasi dan menggunakan media online
  2. Fokus kepada target pasar, artinya memiliki prioritas yg jelas, mana yang didahulukan, kadang kita terjebak kepada promosi online yang ‘sekedar bisa’ artinya hanya mencoba yang mudah tanpa tujuan yang jelas dalam promosi, hanya bermain dengan harapan ‘laku keras’
  3. Melihat respon, memang dalam melihat respon dari penggunaan media online kita harus menyiapkan 3-4 model, namun setidaknya respon itu harus ditangkap.  Agar bisa menentukan ke depan, dari 11 elemen internet marketing mana yang paling memiliki dampak yg tinggi?
  4. Jangkauan, sebenernya tidak semua 11 elemen internet marketing memiliki jangkaun yg sama, misal antara Facebook dan SEO, dll jelas sekali perbedaannya.
  5. Timing harus tepat, dalam hal ini, kita mengetahui perilaku pasar, sejauh mana kekuatan pasar akan merespon informai yang masuk dengan mudah termasuk dari promosi kita. Misal hari besar, hari libur, malam hari untuk media relax.

Peningkatan omzet dapat dipetakan dari beberapa lini untuk dicermati

  1. Perluas jangkaun
  2. Frekeunsi yang semakin rapat
  3. Media yang memiliki durasi lama
  4. Media yang memiliki layout promosi mudah dikenali
  5. Bahasa yang semakin mudah cepat dimengerti
  6. Insentif online secara khusus, yg tidak ditemukan di media lain

(bersambung)

Tulisan menarik lainnya

Tentang penulis : Ipan Pranashakti

Praktisi bidang online marketing, marketing era digital, menekuni bidang online sejak 1998, Lebih dari 70 kali menjadi narasumber seminar/workshop/talkshow di berbagai kota di Indonesia, dengan lingkup materi Strategi menangkap peluang usaha offline dan online, Strategi Marketing, SEO, Social Media Optimization, Toko Online+Ecommerce, Netpreneur, Kewirausahaan. ------------------------------------------------------ Contact Person : 0815 787 22222 ( SMS Only) Email : ipan999@yahoo.com

1 Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.