Kewirausahaan : Pengalaman menjadi trainer / motivator bisnis (satu)

Sudah biasa saat fajar menjelang, saat subuh bergema, posisi diri sudah mandi berpakain rapi untuk segera di bandara untuk undangan sharing motivasi bisnis di sebuah kota dalam rangka meningkatkan pemahaman kewirausahaan secara umum, atau ada tema khusus misak internet marketing, optimasi toko online dan lain sebagainya.

Perjalanan ini dijalani tanpa berpikir apapun berkenaan dengan berapa honor yang akan diterima, berapa jumlah peserta, karena tugas dan fungsi motivator adalah sangat mulia, mendorong aspek dalam diri seseorang untuk tetap yakin, semangat kuat, tidak minder, lurus pada visi misi hidup dan tegar, juga tujuan lain.

Indonesia masih banyak membutuhkan motivator dalam segala hal, karena pada dasarnya iklim kemasyarakatan Indonesia ini masih perlu di benahi dari sisi “dalam”/inner power dari ¬† setiap manusia.

Puluhan kali menjadi narasumber/trainer maka ada catatan khusus untuk rekan-rekan mungki punya niatan yang sama

  1. Memotivasi itu mulia, biarpun ada yang bilang motivator itu tidak perlu, tapi fungsi motivasi tetap harus ada, seperti layaknya orang tua memotivasi anak untuk terus belajar, rajin sekolah, dll
  2. Memotivasi tidak tergantung jumlah peserta, jikapun ada 5 orang harus tetap dijalankan, persoalannya adalah bahwa¬† lebih baik sedikit peserta yang bersungguh-sungguh daripada banyak peserta hanya sekedar ikut yang akhirnya malah tidak ada yang siap menerima “kita” sebagai sosok yang harus berbagi.
  3. Memotivasi adalah soal bagaimana kita memtergas kehidupan diri kita dan orang lain, bukan perkara yang memotivasi harus lebih hebat, lebih tinggi gelarnya, lebih tua usianya, karena memotivasi orang adalah bagian dari sosial kemasyarakatan, humanitas.
  4. Memotivasi tidak harus dalam forum, sehingga manfaatkan perjalanan tesebut untuk memotivasi kepada siapapun yg ditemui termasuk untuk diri kita
  5. Mantapkan bahwa diri kita bisa melupakan masalah yang sedang dialami untuk tegas kepada kehidupan ini bahwa seusai memotivasi orang-orang, masalah akan terselesaiakan, berkat Tuhan terlibat dalam perbaikan hidup untuk menjadi lebih baik.

Bersambung –> Menadji Trainer handal dan tegas dalam kehidupan

Tulisan menarik lainnya

Tentang penulis : Ipan Pranashakti

Praktisi bidang online marketing, marketing era digital, menekuni bidang online sejak 1998, Lebih dari 70 kali menjadi narasumber seminar/workshop/talkshow di berbagai kota di Indonesia, dengan lingkup materi Strategi menangkap peluang usaha offline dan online, Strategi Marketing, SEO, Social Media Optimization, Toko Online+Ecommerce, Netpreneur, Kewirausahaan. ------------------------------------------------------ Contact Person : 0815 787 22222 ( SMS Only) Email : ipan999@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.