Kewirausahaan : Peta persaingan UKM berubah di era digital ini

Suatu saat tetangga Anda mungkin menjadi bisa pesaing dalam usaha. Ini adalah istilah dari saya menyikapi sedikit bergesernya pola persaingan inti dari perkembangan zaman ini, bahwa memang posisi produsen dan konsumen bisa berubah dalam 1 detik. 1 menit, 1 jam , atau 1 hari. Artinya memang desakan kebutuhan dan isyu global telah menjadikan bahwa setiap transaksi bisnis bisa menjadi “ide memulai bisnis baru”.

Kenapa?

Karena saat ini eranya sudah horisontal, semua bisa menjalani usaha, tidak harus dengan RUKO MEWAH, tidak harus di pinggir jalan BESAR,
persaingan bisa tumbuh di samping kita, di depan kita, di lahan yang baru bahkan   dalam media online siapapun bisa berjualan online selama ada kemauan dan ketekunan

Hari ini tetangga menjadi konsumen Anda membeli baju dari Anda, esoknya tetangga itu kerjasama dengan pihak lain, menjadi reseller dan mendirikan usaha dengan produk yang sama dengan Anda, karena terinspirasi dari cerita dan transaksi dari Anda.

Hari ini sebagai konsumen Anda besok pesaing Anda, semua itu bisa saja terjadi. Dulu jualan baju make ruko sekarang maka toko online, artinya persaingan bisa makin tidak kentara, bisa malam ini toko online itu dibuat dan selesai, besok bersaing dll

Lalu bagaimana fenomenanya?

  1. Bersaing adalah kewajaran yang terpenting adalah segmen bisa berbeda
  2. Bersaing adalah kewajaran yang terpenting adalah layanan bisa semakin bersaing
  3. Bersaing adalah kewajaran namun yang terpenting adalah tidak saling menjatuhkan persepsi di pasar
  4. bersaing adalah kewajaran namun yang terpenting adalah tidak saling sabotase

Nah bagaimana persaingan dalam media online?

  1. Medan persaingan berawal dari  penawaran yang sejenis di media online, di komunitas online, di forum online, namun setelah ada pembelian barualah muncul testomonial dalam media online.
  2. Mulut ke mulut di era offline akan dikonfersi ke Viral marketing di media online dengan perbedaan, bahwa rekomendasi dan cerita positif bisa tersimpan permanent di media online, sehingga kepuasan hari ini bisa saja terbaca 10 tahun yang akan datang selama media masih online
  3. Ketidak puasan di media online akan berlawanan arah dengan media promosi, maksudnya jika ada yang tidak puas kemudian menuliskan di media online maka itu bisa permanen seumur hidup medianya, sehingga komplain hari ini di media online bisa tetap tersimpan di 20 tahun mendatang jika memang belum terhapus. Ini jelas.

Sehingga persaingan yang selama ini dianggap muncul di medan pertempuran di jauh sana, akan bisa beralih kepada di medan yang dekat, dan hanya beberapa jengkal dari kita semua.

Jangan takut, tetap kuat dalam bersaing dan keep sedekah.,


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan