Kewirausahaan & strategi bisnis : Sukses bisnis dengan jaminan layanan dan produk yang tidak merepotkan pelanggan

Kewirausahaan dan strategi bisnis merupakan materi permintaan khusus dari rekan-rekan pembaca di sebuah perguruan tinggi di Jakarta.   Jaminan dalam produk dan layanan merupakan hal yang penting untuk lebih mengikat pelanggan, namun tentu dalam  menentukannya  dan sosialisasinya haruslah tulus. Karena ketulusan merupakan gambaran ajakan dari produsen dan konsumen untuk tetap bekerjasama.

Dalam usaha bisnis dan wirausaha,  Jaminan produksi merupakan bagian dari alat bersaing selain dari produk dan layanan itu sendiri,  karena jaminan merupakan gambaran kualitas dari proses produksi dan layanan yang termonitor dan dievaluasi.

Jaminan produk baik untuk usaha kecil maupun besar harus memiliki nilai dari aspek-aspek berikut:

1. Mudah digunakan dan diklaim
Jaminan produk  dan layanan harus mudah digunakan dalam pengertian kemudahan menjalankan unsur-unsur jaminan misal

  • Tidak harus mengklaim ke lain kota
  • Tidak harus harus menyertakan surat dari RT sampai Kecamatan
  • Tidak harus surat dari kepolisian sampai  ditserse setempat
  • Tidak harus download form yang besar dan banyak jumlahnya

2. Mudah di Mengerti

Jaminan produk  produk dan layanan harus mudah dimengerti tidak harus dengan ketentuan yang menimbulkan  banyak persepsi  sehingga pelanggan malah ragu akan “ketulusan” jaminan nya. Mudah dimengeti juga dipahami sebagai bentuk informasi yang dapat dipahami secara mudah oleh berbagai segmen dan lapisan masyarakat, baik dari substansi dan bahasa yang digunakan.

3. Tidak mempunyai unsur –unsur persyaratan yang sulit dan berbelit
Persyaratan yang berbelit memberikan kesan ketidaksungguhan akan adanya jaminan paska transaksi. Misal produk elektronik harus dengan memantau sekian bulan untuk stabilitas ketegangan voltase dan ada surat dari PLN tentang kualitas tegangan , harus membuktikan bahwa tidak ada kesalahan dalam penggunaan dengan menghadirkan semua pengguna/operator. Atau jaminan hanya bisa diklaim mulai dari 10% sd 50% nilai barang dan dicairkan dalam 2 bulan. Atau pelanggan harus mengajukan permohonan penggantian ke pada direktur untuk menghadap langsung sedang direktur rajin keluar kota dan rapat.

Jaminan dari perspektif marketing maka sebuah cara untuk meyakinkan dan memberikan ketenangan kepada pengguma serta menimbulkan rasa percaya dan menimbulkan rasa percaya dan fanatik.
Rencanakanlah jaminan anda agar pelanggan yakin, percaya, tenang dan fanatik, tentukanlah unsur2nya, berikan kemudahan.

Sukses selalu

Ipan Pranashakti KIP

Tulisan menarik lainnya

Tentang penulis : Ipan Pranashakti

Praktisi bidang online marketing, marketing era digital, menekuni bidang online sejak 1998, Lebih dari 70 kali menjadi narasumber seminar/workshop/talkshow di berbagai kota di Indonesia, dengan lingkup materi Strategi menangkap peluang usaha offline dan online, Strategi Marketing, SEO, Social Media Optimization, Toko Online+Ecommerce, Netpreneur, Kewirausahaan. ------------------------------------------------------ Contact Person : 0815 787 22222 ( SMS Only) Email : ipan999@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.