Konsultasi Bisnis : Bisakah meningkatkan usaha Apotek dg promosi online

Konsultasi Bisnis  Tema : Bisakah meningkatkan usaha Apotek dan Bekam dengan promosi online

Pertanyaan :
Apa kabar pak Ipan? Semoga pak Ipan sekeluarga dlm kondisi sehat wal afiat dlm lindungan Alloh Subhanahu wa Ta’ala, Aamiin. Pak, sdh 5 bln ini saya mengelola apotek (menjual aneka obat2 kimia sintetis & obat herbal) tanpa ada praktek dokter & sejak 10 hari lalu membuka Rumah Sehat ‘Thibbun Nabawi’ (utk awal baru melayani terapi bekam). Sy ingin meningkatkan omzet apotek dgn berjualan obat2 yg ada di apotek secara online. Apakah menurut pak Ipan efektif kalau obat2 yg di apotek dipasarkan secara online, mengingat obat2nya sebagian besar (terutama obat2 kimia yg dijual bebas) pasti banyak tersedia di pasaran. Mohon pencerahannya. Terimakasih banyak sebelumnya

Eny Harjanti- Tasikmalaya

Jawaban  Ipan Pranashakti —-

Terimakasih bu Eny. Amin atas doanya.

Memulai usaha untuk bidang Apotek dan Bekam, berarti ada usaha jasa dan barang, artinya ada 2 produk yaitu strategi menjual barang dan jasa. Dalam memasarkan secara online untuk jasa dan barang ada perbedaan, apalagi jika barang yang dijual adalah barang umum dan populer, misal Sanaflu, Paramex dll.

Sehingga kita bagi 2 dalam strategi pemasaran onlinenya.

  1. Untuk Online marketing sektor jasa. Jasa Bekam dari bentuk rumah Sehat ‘Thibbun Nabawi’, maka pertama tentukan dahulu segmen yang akan dibidik, karena tidak semua saat ini sudah bisa menerima pengobatan non medis, terutama Thibbun Nabawi, menerima dalam konteks ini juga dalam artian meninggalkan cara lama di medikal umum ke Thibbun Nabawi, sehingg yang perlu ditekankan dalam media, terutama media online, antara lain : Penjelasan tentang benefit dari jasa ini, foto sebagai bukti
  2. Untuk  Online Marketing Penjualan Barang, dalam hal ini obat-obat an,  sebenernya lebih mudah, dalam hal memberi pengertian kepada pasar, terutama produk populer maka product knowledge nya sudah ada dari media lain, persoalannya produk populer juga terlalu sering dijual offline dan online. Sehingga antisipasinya adalah membidik segmen area, yang secara geografis tidak terjamah dengan obat tersebut, namun ada internet.  Atau dengan segmen yang bukan end user/pemakai, tetapi distributor lain di suatu wilayah.

Sedikit tips jika pelanggan adalah dari daerah sekitar Apotek Ibu Eny :

  1. Layanan antar pembelian obat, kenapa di antar? karena obat memiliki nilai vital dari sisi pelanggan adalah waktu, ketika sakit maka waktu  menjadi penting dalam proses transaksi obat, tentunya kita semua paham, jika orang sakit segera mendapatka pertolongn termasuk obat, dalam hal ini secara sikologi obat menjadi bernilai karena waktu sampainya, waktu didapatkannya obat. Sehingga dengan layanan antar menjadikan lebih bermkana obat tersebut, jika ada jasa antar yang mengenakan tarif 5000 atau 10 000 tidak ada masalah, tetapi dalam promosi disebutkan dalam edukasi dan logika bahwa daripada keluar ongkos bensin, dan wakti ke apotek, lebih efesien dengan layanan antar, tinggal telepon dan SMS barang datang tanpa kepanasan/macet dll
  2. Tahukah ibu? Bahwa sebenernya mengantarkan barang ke rumah pelanggan bukan suatu beban, karena itu sebenernya adalah  langkah promosi jitu, karena pada saat ini kita bisa mengirim penawaran produk lain, menjelaskan jasa yang lain, juga bertemua dengan tetangga2 jika kita kreatif, misal kita rajin bertanya arah rumah pelanggan kita kepada tetangga sekitarnya sambil memberikan brosur/penjelasan layanan dari Aprotek, misal sebagai sosialisasi layanan antar, sosialisasi layanan herbal dll
  3. Bahwa bisa lebih cepat meningkatkan repeat order dengan mengantar barang dan membangun kesan yang baik/humanis/bersahabat dengan segala niat baik, tidak saja sebagai hubungan bisnis transaksi, juga sebagai silaturahim.
  4. Untuk mudah diingat memang sebaiknnya ada kedekatan sosial, sehingga membangun layanan antar memang menjadi bagian dari ciri khas dan keunikan

Media online untuk meningkatkan penjualan

  1. Membidik pada keyword obat hebal tasiklamaya, apotek tasikmalaya, klinik tasikmalkaya dll, yang intinya ada keyword kota di mana ibu berada dalam promosinya
  2. Social media akan sangat cocok untuk mempromosikan secara online karena keberadaan teman2 kita di tasik bisa diindentifikasi, karena jika langsung dengan SEO maka butuh 1-2 bulan, sehingga di mulai dari social media
  3. Social media tetap berbasis sosial bukan bisnis semata, sehingga untuk mempromosikan bisa dengan membaut note di Facebook, membuat tips kesehatan, tips harmonisasi keluarga, sehingga tidak saja mendukung faktor orang sakit tapi juga orang sehat agar tetap sehat
  4. Blog bisnis atau web bisnis menekankan kepada gambaran layanan jasa yang handal, kebersihan, higienisitas, profesional
  5. Blog bisnis atau web bisnis menekankan kepada gambaran kelengkapan produk, spesifikasi, manfaat, pantangan dll
  6. Web Bisnis company profile berisi tentang bagaimana latar belakang usaha Apotek tersebut, siapa SDM handal pendukungnya, kekuatan SDM termasuk sertifikat, perizinan dll

Intinya media online untuk

  1. meningkatkan kesadaran akan adanya usaha dengan brand ibu Eny tsb
  2. meningkatkan kepercayaan usaha
  3. meningkatkan daya tarik dengan gamabran layanan dan produk yang handal
  4. meningkatkan loyalitas pelanggan dengan testimoni2 yang variatif
  5. meningkatkan penjualan
  6. meningkatkan persepsi positif terhadap brand usaha Ibu Eny.

Terimakasih, sukses selalu .

 


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan