Konsultasi Bisnis : Strategi marketing usaha Sabun batangan

Konsultasi Bisnis adalah ruang konsultasi online di www.ipan.web.id yang akan di balas via web. Mengindari spam maka emil, HP dan nama di tutup sebagian.

Penanya : Nama : Samxxx, Email : pandawaxxxxxx@yahoo.com,  Hp : 081921xxxxxxx
Pertanyaan :

Dear Pak Ipan
Pak perkenalka nama saya samuel, saya berancana mau berbisnis Sabun Batangan ke warung – warung, yang bersifat sales  kanvas, dimana Sabun Bantangan ini saya beli dari Pabrik, pertanyaan saya gimana strategi marketing nya ke warung – warung pak, mohon info nya

Jawaban Ipan Pranashakti :  —————–

Terimakasih Pak  Sam,

Kalau kita sejatinya hanya berpikir selling maka bisa masuk dengan harga murah dan bayar mundur, atau model bayar 7-10 hari. Tetapi kalau berpikir Marketing maka harus diperhatikan

  1. Terhadap persepsi yang akan dibangun, karena orang menbeli sabun mandi LUX atau Sabun cuci Rinso biasanya karena sudah didrive oleh iklan di TV  unruk membangun persepsi yang kuat.
  2. Mengalahkan produk regular dan power yang kuat dengan  stabililtas iklan agak sulit jika bersaing dengan cara yang sama dengan umumnya, kecuali dengan target promosi lokal/regional. Artinya memang selama waktu tertentu Produk sabun Mas Sam ini dipatenkan, kemudian disusun sebuah iklan yang selain mempromosikan produk juga membangun persepsi di wilayah teretntu terutama regional khusus. Persepsi itu penting,  seorang ibu2 jika akan beli ke toko dari rumah sudah punya rencana akan beli sabun A atau sabun B, ini berdasar dari iklan yang ditangkap di TV atau Koran.
  3. Ambil segmen yang tidak mengutamakan brand kuat dalam produk sabun. Misal sabun untuk hotel, sabun untuk anak-anak kos, sabun untuk souvenir hias, jika sabun cuci bisa masuk ke laundry  tradisional.
  4. Upaya Selling dan Marketing tidak identik atau tidak sama. Selling hanya bagian dari Marketing. Dalam selling lebih mengutamakan berapa jumlah yang terjual, dalam marketing berapa jumlah yang puas dan akan loyal.

Sehingga saran saya di konsultasi bisnis ini, dari uraian di atas yang mungkin cukup singkat maka aspek bisnis yang perlu disiapkan :

  • Tentukan segmen produk Anda untuk anak muda, orang tua, hotel, souvenir atau anak kos
  • Kembangkan riset produk kecil-kecilan, jadikan sebuah keunikan dari produk Anda untuk bersaing dan sulit dilupakan.
  • Segera patenkan merek jika akan mengarah kepenjualan besar
  • Segera siapkan bungkus yang sudah disesuaika dengan segmen yang dituju, baik warna, kemeriahan, tulisan dan hiasan pernik bungkusnya.
  • Siapkan promosi yang sesuai segmen
  • Dalam promosi jangan hanya bicara fitur tetapi benefit
  • Dalam promosi juga sebutkan dampak memakai sabun, karena sekarang sudha bermain logika, misal sabun untuk pemutih kulit, sabun kesehatan, sabun antiseptic, sabun wangi, sabun aroma teraphy.

Mengawali strategi nya:

  • Tentukan segmen yang akan dituju dari awal, diurutkan dari segmen utama yang menurut prediksi Anda akan memiliki prospek bagus dan respon kuat.
  • Diawal membagi sampel gratis dulu sampai ada respon dari pemakai, karena pengguna gratisan akan segera membandingkan dari sabun yang pernah ada.
  • Bentuk reseller program dengan banyak relasi, sebutkan fee untuk reseller dan jangan lupa product knowledgenya di infokan kepada mereka.
  • Biasanya dalam produk masal seperti ini butuh  cash flownya dengan modal yang nafasnya agak panjang, karena penjualan awal tidak bisa begitu drastis.

Demikian jawaban konsultasi bisnis kali ini. Jika masih kurang silahkan mengisi form kembali. Ke Form Konsultasi Bisnis

Sukses selalu
Ipan Pranashakti


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan