Marketing : 4 tugas tim marketing berkenaan brand

Zaman dahulu kala, terutama di tahun 1935, marketing masih identik dengan Penjualan, namun marketing di tahun 2012 sudah sangat berbeda makna, bahkan tidak bisa identik dengan penjualan, karena sudah sangat luas.
Salah satu dari sekian fungsi dan tugas Tim Marketing adalah brand building, nah dalam tulisan ini akan disampaikan kira-kira apa saja tugas dari tim marketing berkenaan brand perusahaan tersebut :
  1. Menciptakan persepsi yang akan “dikirim” ke konsumen, kemasannya harus tepat sesuai segmen dan target audiencenya. Ini berhubungan dengan pola berkelanjutan, bisa per tahun bisa per triwulanan, dengan tujuan semakin kuatnya Persepsi positif di benak konsumen.
  2. Menjaga agar ada konsistensi, sehingga pendekatan kepada konsumen yang dilakukan terjaga standarisasinya sebagai upaya konsistenis misal setidaknya dalam semua even, promosi, sponsorship mengusung atibut brand yang benar, seperti logo dengan warna dan bentuk proporsional, penempatan logo yg tepat, keharusan ada tagline atau by line, adanya template untuk setiap mendia iklan, agar terjadi karakter yg jelas disetiap media iklan.
  3. Melindungi, jika ada yang mengungkapkan/menjatuhkan brand Anda baik dari pihak umum atau strategi persaingan, maka berusahalah ciptakan benteng agar mampu dengan cepat melindungi persepsi di pasarnya dengan berbagai antisipasi, agar tidak bergejolak, di Indonesia ini juga berkenaan ketika ada PESAWAT ┬áTERBANG JATUH, maka Public Relation dari perusahaan penerbangan akan mengadakan PRESS CONFERENCE dg media-media, untuk memberikan penjelasam, walau dari sisi marketing itu adalah upaya untuk menyeimbangkan dan meluruskan “liar”nya berita-berita dari berbagai pihak
  4. Menaikkan citra merek, ini adalah tugas yang harus terukur, progresif dan direncanakan dengan matang, dengan berusaha menggunakan potensi internal perusahaan dan ekternal, termasuk analisa persaingan dan gerakan pesaing. Agar tepat dalam membangun aktifitas dan efektif dalam menentukan taktik.

Sehingga jika pun selama ini masih kategori UKM dan UMKM, tidak masalah namun setidaknya memang 4 tugas itu terus dilakukan agar menjadi kekuatan, walau perlahan. Terutama jika Anda ingin maju, meski saat ini All Arround, ,menangani dari produksi, promosi, dll total masih sendirian.

Atau setidaknya ada Job Description untuk tim marketing yang berisi diantaranya adalah 4 tugas di atas, atau jika tidak maka bisa menggunakan nya dalam perencanaan marketing (marketing plan)


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. *

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan