Mendesain logo yg sehati dengan pikiran konsumen

Karena kita semua manusia, ada batas ingatan dan batasan proses mengingat kembali, maka itu disadari perusahaan2 besar, sehingga dalam membangun logo perusahaan dibuat 

  1. sangat mudah diingat
  2. sangat mudah dikenali
  3. dll (bisa searching di milis ini tulisan sy berkenaan logo)
Sebagai pembanding, coba amati logo
  1. Microsoft
  2. Intel
  3. MSI (laptop)
  4. BCA 
  5. dll
Begitu mereka memanjakan konsumen dengan logo yg mudah diingat, dikenali dan tidak membebani konsumen dg loading2 otak yg cukup keras karena logo yg terlalu sulit diingat, logo tulisan yg sulit di baca dll
 
Sehingga logo bukan sekedar
  • apresiasi seni
  • harapan akhir
  • ekpresi jiwa
  • modenisasi komputer
  • teknologi desain
Sehingga jadilah sehati dg konsumen, dengan logo yg benar PRO-KONSUMEN dan jangan semakin abtrak dan sulit dikenali.
Bagaiamana membangun logo itu?
  1. Tidak harus segera langsung ke komputer, ambilah kertas dan pensil, coblah buat sket meski minimalis. Alirkan rasa dan ekpresi, jika memang mau membangun perusahaan bidang IT cobalah ambil koran Kompas, Republika, Seputar Indonesia dll yang disana banyak logo yang tersedia. Untuk menjadi inspirasi, bisa belajar dari logo pihak luar.  Tidak harus langsung sempurna, namun tujuan pada fase ini adalah memberikan kreativita dari Anda sendiri
  2. Jangan ambil dan tuangkan semua ide, karena mungkin ekpresi di logi berbeda dengan melukis dan menggambar brosur, tetapi saya pribadi merasakan jadilah logo yg mudah dimengerti konsumen dan masyarakat secara umum.
  3. Berilah keunikan kepada logo Anda, itu lebih penting agar menjadi ketertarikan, daripada memikirkan logo yang sangat sempurna dan Anda tidak segera memulai.
  4. Setelah sket jadi barulah arahkan kepada desain grafis, dan selalu dibuat untuk warna dasar dan hitam putih, karena keduanya akan sangat digunakan pada nantinya
  5. Pikirkanlah beban warna logo di masing2 media, apakah logo akan dipasang di media koran, kop surat, web, email, brosur yang diantaranya memang memiliki karakter berbeda misal media koran tidak selamanya ktia mendapatkan pada halaman warna, bisa di hitam putih, bisa juga di web yg cenderung filenya dibut seringan mungkin agar bisa diakses.
  6. Gunakan tipografi yang baik dalam memadu gambar dan huruf, gunakan huruf yang familier.. dan jangan yang rumit-rumit.

Terakhir jangan lupa merek ANda didaftarkan ke Dirjen HKI, agar benar-benar aman bagi perusahaan Anda.

 

strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan