Menentukan Value saat memulai usaha bisnis bagi pemula

Kadang jika melihat persaingan di bisnis fashion, memperhatikan secara seksama, maka kan terasa sekali bagaimana semua lini digunakan untuk bersaing, bahkan merek pun dibangun kesan luar negerinya, padahal produk lokal.

 Namun ada juga yang alamiah, kadang usahanya mengalir saja dan itu tidak masalah, karena memang menjalani usaha itu sangat variatif, tidak sama persis masing-masing pihak yang terlibat.
Namun dari perbedaan2 itu, sejatinya ada sebuah cara untuk menentukan langkah agar produk2 semakin jelas, dari sisi Value, benar harga adalah yang dibayar konsumen, value yang akan dirasakan/dinikmati/diambil manfaat.Nah sebenernya menentukan dasar dari Value itu bagi orang awam cukup mudah. (ingat ini orang awam yah) misal untuk busana
  1. Model uptodate –> target setiap minggu mencari/inovasi model/konsultasi ke desainer
  2. Jahitan halus/rapi –> training untuk Penjahit, bimbingan senior ke yunior rutin, supervisor fokus, qualty control ada orang tersendiri
  3. Jaringan di semua wilayah –> manajemen reseller di perkuat, ketentuan diperkuat, disediakan forum online ada tips marketing setiap hari, agar reseller merasa dekat hatinya dan teredukasi
  4. Peduli pelanggan –> produk busana  yang ada cacat produksi, gratis pengganti tanpa ongkos tambahan –> tentukan metode pelaporan dan pengawasannnya, lalu cari akar masalah kenapa Quality control lemah
  5. Promosi Inovatif –> mencari pola komunikasi cepat sampai, desainer yg mengerti bahasa marketing usaha kita –> terus mencari yg cocok.
  6. dll dll
Nah, sepele sebenernya, tapi kadang jika kita tidak membuat pola pikir seperti itu, yah mengalir saja, alamiah, maka jika ketemua batu, kita akan sibuk nyari alat untuk mengatasinya, jika ketemu lubang kita akan sibuk mencari cara menutupnya.Sehingga value ini sebenernya adalah satu upaya untuk kita “mengerti” bagaimana menterjemahkan ide kita (yg mungkin hebat) menjadikan kepada aplikasi-aplikasi kecil dan runtut untuk disuguhkan kepada pelanggan agar daya saing kita itu semakin jelas, ada di mana kekuatannya.Semoga para produsen  fashion bisa mengerti.

Tulisan menarik lainnya

Tentang penulis : Ipan Pranashakti

Praktisi bidang online marketing, marketing era digital, menekuni bidang online sejak 1998, Lebih dari 70 kali menjadi narasumber seminar/workshop/talkshow di berbagai kota di Indonesia, dengan lingkup materi Strategi menangkap peluang usaha offline dan online, Strategi Marketing, SEO, Social Media Optimization, Toko Online+Ecommerce, Netpreneur, Kewirausahaan. ------------------------------------------------------ Contact Person : 0815 787 22222 ( SMS Only) Email : ipan999@yahoo.com

1 Komentar

  1. Ini adalah beberapa poin penting yang harus diketahui oleh calon pengusaha fashion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.