Mentoring Bisnis : 8 hal penting untuk sang mentor bisnis

Mentoring bisnis dengan mentor yang handal adalah suatu kekuatan yang ditunggu banyak orang. Namun banyak yang mengeluh kenapa sang mentor bisnis yang hebat tidak mampu membuat mentee (yang sedang di bina oleh mentor) tidak bisa meningkatkan pemahamannya. Masihkah menyalahkan mentor, sebenernya harus ada kontrak belajar yang serius antara mentor bisnis dan mentee nya, sehingga ada 8 hal penting untuk sang mentor bisnis yang bisa diterapkan untuk menjaga suasana dengen mentee.

  1. Wajib memberikan ketegasan demiĀ  kedisiplinan
  2. Tidak ada rasa sungkan baik kepada yang lebih tua atau karena wanita
  3. Tidak ada toleransi kepada keterlambatan waktu, kecuali harus dipertanggungjawabkan secara terbuka, karena mentoring adalah pola teamwork, beda dengan pelatihan atau kursus
  4. Jaga performance mentor, penampilan, hindari aroma badan, aroma mulut yang tidak nyaman, misal habis makan rendang daging.
  5. Mentor bisnis tidak boleh mengeluh terus di depan mentee
  6. Mentor bisnis tidak boleh menjelekkan mentee didepan umum
  7. Mentor bisnis boleh menegur tetapi tidak ada kemarahan, teguran sebaiknya dengan cara memotivasi bukan memvonis/membentak.
  8. Mentor tidak boleh terlalu banyak bercanda, demi efektifitas waktu dan suasana yang fokus

Selamat menjadi mentor bisnis yang selalu hebat dalam mentoring segala kondisi.

Sukses selalu
Ipan Pranashakti

Tulisan menarik lainnya

Tentang penulis : Ipan Pranashakti

Praktisi bidang online marketing, marketing era digital, menekuni bidang online sejak 1998, Lebih dari 70 kali menjadi narasumber seminar/workshop/talkshow di berbagai kota di Indonesia, dengan lingkup materi Strategi menangkap peluang usaha offline dan online, Strategi Marketing, SEO, Social Media Optimization, Toko Online+Ecommerce, Netpreneur, Kewirausahaan. ------------------------------------------------------ Contact Person : 0815 787 22222 ( SMS Only) Email : ipan999@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.