Merek itu soal terobosan di pasar

Dalam sebuah seminar marketing, saya juga presentasikan soal merek, kemudian ada peserta yang bercerita, ternyata usaha yg dirintis, dengan membangun merek sebaik mungkin belum cukup, walau desain, logo, tagline sudah begitu baik, menurutnya. Namun kenapa belum ada dampak kepada omzet?

Yah, sebenennya ngomongin merek, itu baru satu sisi dari elemen marketing saja, belum menjadikan semua marketing terwakilih olehnya, sehingga ketika memahami soal merek maka kita sedikit memahami bahwa

  1. Merek soal Pasar
  2. Merek itu ukurannnya di pelanggan, tidak hanya melihat bagusnya dari sisi produsen saja
  3. Apa tentang merek itu ada di benak konsumen, menguji apakah merek kita sungguh menjadi bagian dari ingatan konsumen atau berlalu begitu saja
  4. Respon Merek itu murni berkeliaran di pasar, maka ujilah dengan baik, setidakny dengarkan walau tidak harus kepada semua konsumen

Sehinga apa yang terjadi pada merek kita, itu ujilah di pasar, memang banyak yg tidak sabar, maunya segera sukses, karena merasa mereknya sudah cukup di publikasikan, bukan apa2 sih, persoalannya

  1. merek itu benar2 cukup baik tidak diingat oleh konsumen?
  2. merek itu benar2 diingat, tapi ada merek lain dari pesaing yg selalu dipersepsikan lebih baik
  3. merek itu belum dimengerti betul kualitas di mata pelanggannnya

Sehingga cobalah dekati pelanggan Anda, sejauh mana mereka mendiskripsikan merek Anda? Agar paham upaya branding kita sampai pada fase yang mana?

Tulisan menarik lainnya

Tentang penulis : Ipan Pranashakti

Praktisi bidang online marketing, marketing era digital, menekuni bidang online sejak 1998, Lebih dari 70 kali menjadi narasumber seminar/workshop/talkshow di berbagai kota di Indonesia, dengan lingkup materi Strategi menangkap peluang usaha offline dan online, Strategi Marketing, SEO, Social Media Optimization, Toko Online+Ecommerce, Netpreneur, Kewirausahaan. ------------------------------------------------------ Contact Person : 0815 787 22222 ( SMS Only) Email : ipan999@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.