Peluang Usaha : 5 alasan sektor jasa meningkat pesat

Peluang usaha di sektor usaha cukup menarik, dari usia remaja saya senang dengan wirausaha, karena mungkin ada peluang dan bakat membangun jaringan, juga didikan dari ayah saya.

Setelah lama saya amati memang sektor jasa merupakan pilihan, ada beberapa hal yang mendasari  kenapa peluang usaha di jasa meningkat, antara lain :

  • Pesatnya teknologi saat ini terutama di IT, banyak alat  baru sehingga butuh sektor jasa dalam bidang pengadaan (izin impor/keuangan/jasa pasang/pemeliharnaan/pelatihan
  • Adanya pengaruh outsourcing yang semakin tinggi ( ada baik dan buruknya)
  • Saya mengintip di data statistik ada melonjaknya wanita semkain banyak yang berkarir, sehiangga jasa penitiapan anak, play group yg full day, baby sitter, rumah makan/restoran  dll
  • Semakin ambisinya persaingan, sehingga pengacara makin laris, notaris, psikolog, konsultan, mediator, broker
  • Banyaknya produk tidak sehat, sehingga jasa bidang kesehatan semakin tinggi

Itulah kenapa saya mengambil sektor jasa dan keluarga ada yang di toko online, peluang usahanya masih terbuka lebar, tetapi harus diingat bahwa layanan Jasa tanpa standar dan upaya persepsi yang kuat ke pasar, maka itu kurang efektif dalam marketing. Terutama karena ukuran jasa dan kesalahan, serta pengawasannnya lebih sulit. Jika pabrik sabun bisa dilihat yang  berapa sabun yang rusak, yang warnanya pudar, misal ada 5% karena warna pudar, 3% bentuk tidak presisi,. lalau bagaimana ini bidang jasa? Pernahkan diukur benar Jasa Dokter itu gak presisi sekian persen dan kualitas tidak presisi di faktor apa saja?

Dengan sistem standariasi monitoring dan eveluasi kemungkinan tetap saja ada, tapi power untuk regulasinya yang ditunggu.

Tulisan menarik lainnya

Tentang penulis : Ipan Pranashakti

Praktisi bidang online marketing, marketing era digital, menekuni bidang online sejak 1998, Lebih dari 70 kali menjadi narasumber seminar/workshop/talkshow di berbagai kota di Indonesia, dengan lingkup materi Strategi menangkap peluang usaha offline dan online, Strategi Marketing, SEO, Social Media Optimization, Toko Online+Ecommerce, Netpreneur, Kewirausahaan. ------------------------------------------------------ Contact Person : 0815 787 22222 ( SMS Only) Email : ipan999@yahoo.com

1 Komentar

  1. Salam tuk Pak Ipan.. saya seorng pemuda yg berumur 23 thn. yang baru lulus sarjana di bagian ilmu sosial dan ilmu politik.. dan sekarang bkeja di Perushaan yg bergerak di pertambangan batu bara.. yang saya ingin tanya kn kepada bapak.. cara membuat dan melakukan suatu prubahan dlam diri.. dan sya sering berkhayal ingin membuka usaha sendri … bagai mana cara sya melakukan itu ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.