Marketing Strategi Bisnis

Peluang Usaha : Usaha Kuliner skala kecil

Peluang Usaha . Ada seorang rekan di Jogja, mengundang sy ke lokasi calon warung kulinernya, kemudian kami bahas berkenaan dengan seputar usaha Kuliner, rupanya rekan su ini punya kemauan besar untuk membangun usaha makanan kecil dan lele goreng.

Kemudian dalam diskusi ini kami bahas taktiknya. mengingat Peluang usaha di bidang kuliner cukup prospek di Yogya. Dari diskusi 3 jam tersebut akan saya tulis seingat saya dahulu, sekedar sharing, ide dan konsep nya adalah :

  1. Segmentasi, kami tentukan mau fokus menggarap pasar yang mana? akhrinya diputuskan untuk ke segmen mahasiswa dan pegawai kampus, sehingga tempatnya dekat dengan sebuah kampus besar.
  2. Place, untuk kulinernya harus berkonsep “Lokasi yang bagus” agar modal cepat berputar walau butuh sedikit tambahan modal. Place dalam hal ini sebagai bentuk dari implementasi¬†¬† taktik penyerapan pasar
  3. Positioning, ditentukan konsep untuk makanan kecil adalah Pusat Snack dan Jajan Pasar, yg mengusung antara makanan modern dan makanan daerah namun dengan kemasan yg higienis, sehingga belajar dari konsep GarudaFood yang mengonsep Kacangkulit menjadi Kacangkulit Higienis dengan bungkus standar kesehatan dan kemasan menarik. Padahal kacang kulit adalah makanan ndeso, makanan kampung kan?
  4. Value, memberikan pendekatan pada menjual kemudahan dalam pemesanan, kami membidik untuk acara rapat di kampus, rapat dosen, rapat mahasiswa, even besar kampus, dan karena dekat kampung maka juga untuk rapat kampung dll. Sehingga walau pada awalnya untuk pembeliana perorangan skala kecil namun ini hanya sebagai upaya mengejar market shared, sehingga nanti bisa dinaikkan ke mind shared, tentu harus di awalai dengan mencoba dan pendekatan kontak.
  5. Lele Goreng, saya sampaikan jangan jual lele nya, tapi kepada Proses masaknya yang atraktif, misal dengan batubara, dengan bumbu wangi yg menarik minat dari aromanya, dari proses masaknya dengan tukang masak yang berkostum ala Koki, untuk kesan profesioanal dan higienis
  6. Sambal, selain lele tentu perlu dikemas sambalnya. Idenya Lele hanya ujntuk memi kebutuhannya, dan sambak untuk keinginannya, setidaknya ada  8 macam sambal khas dari berbagai wilayah, mengingat kampus terdiri dari mahasiswa berbagai wilayah.

Nah masih panjang sekali sebenernya, tetapi setidaknya itu yg masih saya ingat, memang peluang usaha bidang kuliner ini cukup orospek asal taktik harus benar, segmentasi harus jelas di awal.

Marketing Strategi Bisnis


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Satu tanggapan to “Peluang Usaha : Usaha Kuliner skala kecil”

    1. Cari Duit on October 22nd, 2012 09:43

      Good artikel,, Salam sukses.

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent



    3 − = 1

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan