Kaget sy disalip sebuah motor warna merah dengan  kotak di jok belakang dg logo yg sudah tidak asing, yah KFC Delivery order. Juga beberapa hari berikutnya.. ada Mac Donald, ada Juga Pizza HUt, sepertinya memang akhir2 ini banyak berkeliaran motor2 para pengantar makanan, kiriman barang dll Yah mereka menguatkam layanan dalam delivery order dan short number untuk pemesanan.

Meningkatkan layanan delivery order adalah upanya taktik bisnis yang baik, bahkan saya amati di Resto dekat saya jumlah motor yang disiagakan sekarang bertambah. Bisnis bidang kuliner memang menarik karena itu MERUPAKAN ASPEK BISNIS yang memenuhi kebutuhan primer manusia, sehingga jika pendekatan persepsinya brandnya terus dibangun maka untuk menggali repat order sangat berpeluang. Namun tantangannya tinggi karena memang pertumbuhan usaha dari skala rumah tangga hinngga RESTO terus meningkat, yah inovasi dan kreasi menjadi jalan SURVIVE. Tapi kreasi dan inovasi tidak semata asal2 an, atau asal aneh, atau asal unik,  namun lebih kepada apa yang dibutuhkan dalam MEMENANGKAN PERSAINGAN untuk merebut HATI Konsumen..

Lalu kenapa KFC, Mac Donald, Pizza hut  meningkatkan eksitensinya di layanan DELIVERY?

  1. Pola keinginan makan praktis (tidak pusing hanya untuk makan)
  2.  Pola higienitas, percaya pada proses yg memenuhi standar darn brand besar
  3.   Kesibukan masyarakat meningkat karena tuntutan nafkah
  4.  Macet di mana-mana, konsumen lebih merasa nyaman di rumah
  5.  Tidak semua wanita sekarang pandai memasak
  6.  Praktis untuk acara mendadak : rapat dll

Lalu dari sisi bisnis terutama untuk strategi marketing, apa manfaat dari layanan Delivery order ini?

  1.     Cocok untuk Penetrasi pasar, tentang apa itu PENETRASI pasar, klik segera PENETRASI PASAR
  2.     Relevan jika diniatkan untuk pengembangan pasar –> Penjelasan di halaman palin g bawah dari email ini
  3.     Kedekatan layanan, lebih personal
  4.     Kedekatan emosional, konsumen  senang rumah nya didatangi MOTOR KEREN, ada tulisan KFC, ini cukup sosialis, artinya ketika diperkampungan ada Mobil/Motor KFC masuk kampung biasanya menjadi perhatian “siapa yang pesan”
  5.     Mendengarkan komentar konsumen, ketika bertemu langsung, sebagai bentuk MASUKAN
  6.     Pembuktian tentang kualitas layanan –> misal 30menit sampai, misal masakan wangi, misal harga jelas
  7.     Strategi kombinasi penetrasi pasar dan pengembangan pasar
  8.     Care, lebih peduli dengan kondisi konsumen (hujan, malam, jauh, macet)
  9.     Solusi, ketika sedang terserang/di dera RASA LAPAR yang kuat.. (heheheh)

SO apakah Anda tertarik menyiapkan LAYANAN DELIVERY ORDER, bisa juga dikemas untuk PROMOSI terselubung, atau kombinasi PROMOSI dan PENJUALAN LANGSUNG.  Bangun brand dan menembus pasar duluan lewat  juga bisa melalui layanan  berbentuk Delivery order