Strategi Bisnis : Jangan lupakan segmentasi dalam membangun usaha

Selalu dalam kisahnya, bisnis bisa gagal dan sukses makanya mantapakan segmentasinya dahulu di awal, agar kita tidak kehilangan energi, waktu dan dana.

Banyak yang yang usahanya tenggelam di 3 tahun pertama, namun ada yang justru melonjak 3 tahun pertama. Memang dari awal harus disadari dalam bisnis bisa gagal dan bisa sukses, namun tidak harus gagal dahulu untuk sukses.

Strategi bisnis didalamnya ada strategi marketing, sehingga jika pengusaha hanya mempedulikan aspek produk terus, tidak memberikan pendekatan marketing didalamnya, maka  ada kecenderungan bahwa produk belum tentu bisa booming, persoalannya bukan pada marketing  yang menjadi “penyelamat” tetapi karena meman setiap produk yang diarahkan ke market, maka sebiaknya dibekali ilmunya yaitu market+ing (marketing).

Untuk itu kuarkan strategi bisnis dengan pola segmentasi yang tepat, beberapa keuntungan ada nya segmentasi yang tepat di awal bagi bisnis Anda:

  1. Anggaran promosi begitu jelas dan terpola, bisa belajar, adaptasi, adopsi dan benchmark dari pihak luar kemudian di kreasi dan dibentuk pola bersainngya.
  2. Efisien dalam promosi, tidak membabi buta yang berdampak pada pembekakan biaya, dengan feedback yang belum tentu tinggi.
  3. Perputaran waktu dalam penjualan bisa lebih cepat
  4. Modal usaha bisa balik dengan cepat/ROI nya bisa lebih pendek.
  5. Meminimalisir SDM yang terlibat
  6. Menguatkam mental wirausaha, jika dalam tahap awal sudah memberikan kemajuan yang berarti
  7. Lebih mudah menentukan standar layanannya, karena masuk bukan pada pasar yang  heterogen, yang tentu banyak mau dan perbedaan dasar kepuasannya.

Segmentasi adalah bagian dari strategi yang harus ditentukan di awal, baik pengusaha, perusahaan maupun usaha pribadi.
Banyak  orang yang merasa dirinya kreatif< Maka dalam segmentasi juga dipengaruhi sejauh mana kreatifitas kita melihat pengelompokan pasar, yang bisa dibedakan dengan teknik dan kreasi dalam mensegmentasi…. Dalam mensegmentasikan juga butuh kreatifitas…

 

 

 

Tulisan menarik lainnya

Tentang penulis : Ipan Pranashakti

Praktisi bidang online marketing, marketing era digital, menekuni bidang online sejak 1998, Lebih dari 70 kali menjadi narasumber seminar/workshop/talkshow di berbagai kota di Indonesia, dengan lingkup materi Strategi menangkap peluang usaha offline dan online, Strategi Marketing, SEO, Social Media Optimization, Toko Online+Ecommerce, Netpreneur, Kewirausahaan. ------------------------------------------------------ Contact Person : 0815 787 22222 ( SMS Only) Email : ipan999@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.