Strategi Bisnis : Media Sosial sebagai media pertanggungjawaban perusahaan kepada umum

Ketika mengisi acara seminar di sebuah institusi swasta, ada yang menanyakan : untuk apa saja sebenernya medis sosial online itu? karena selama ini mereka sudah berusaha memberikan informasi layanan-layannan. Media sosial sepeti facebook, twitter atau google plus sejatinya salah jika hanya untuk menjaring pelanggan atau hanya untuk sekedar promosi produk. Karena fitur yang begitu banyak dapat dijadikan sebagai sarana menunjukkan jati diri perusahaan dalam membangun citra dari sisi publikasi pertanggungjawaban. Pertanggungjawaban perusahaan dalam ini sebagai upaya :

  1. Menggugurkan kewajiban atas peraturan pemerintah
  2. Menunjukkan kepatuhan terhadap pemerintah dan atributnya
  3. Menjadikan sebagai media pelaporan teks dan gambar
  4. Menjadikan media feedback atas aaktiftas  tahunan
  5. Menunjukkan komitemen korporat terhadap kemajuan bangsa
  6. Menunjukkan kedekatan perusahaan dengan pemerintah secara positif
  7. Menunjukkan kedekatan sosial terhadap bencana dan keterbelakangan ekonomi lingkungan sekitar

Bagaimana media sosial dapat  digunakan untu pertanggungjawaban kepada masyarakat?

  1. Media online mampu menyimpan file dan teks dalam waktu yang lama
  2. Media online mampu membantu pencarian informasi yang diperlukan oleh masyarakat
  3. Media onlline mampu menangkap aspirasi yang sepele hingga krusial
  4. Media online mampu diteruskan, dilinkkan ke berbagai pihak

Bagaimana perusahaan memanfaatkan media online terutama media sosialnya ?

  1. Fokus pada pembuktian dari tanggungjawab perusahaan dalam hal ini dokumen formal yang dapat dikonsumsi untuk publik
  2. Fokus pada media yang bersifat barang bukti seperti foto, video dan suara
  3. Berita yang diskriptif  yang bisa dikembangkan menjadi media persuasif

3 hal yang harus diperhatikan :

  1. Menggunakan bahasa yang mudah dicerna dengan cepat, ini azas media online
  2. Menggunakan media yang downbload able, untuk meningkatkan fungsi distribusi informasi
  3. Jangan sekalikpun membodohi masyarakat dengan manipulasi

Begitu kuatnya interaksi dalam media sosial online, sehingga kita sebagai unsur dari perusahaan dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk menguatkan bukti pertanggungjawaban atas apa yang pernah menjadi pencapain perusahaan untuk kemajuan umum dan bangsa.


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan