Strategi Bisnis Online : Membangun web yang reputable untuk bisnis professional (seri 1)

Saat ini hampir semua orang mampu membuat web mulai dari sederhana sampai yang komplek namun sudahkan web itu menunjukkan aspek bisnis yang sebenarnya dengan strategi bisnis online yang menarik dan terpercaya?

Hari ini saya mengisi acara workshop terbatas, hanya berisi segelintir orang, mereka adalah para webmaster dan calon web master yang sudah lama bergelut dalam web. Kesemuanya berpengalaman secara teknis dan hebat dalam desain dan programming, namun oleh bos-bosnya mereka dikirim ke visimaster.com untuk memperdalam soal web bisnis yang reputable. Alasan bos yang mengirim mereka adalah, ketidakmampuan webmaster tersebut mendesain yang memuaskan, setidaknya mampu menyuarakan strategi bisnis webnya dari strategi bisnis global dan kebijakan bisnisnya.


Dari sekian materi tentang strategi membangun web bisnis yang ada, ada sedikit yang ingin saya bagi kepada teman-teman netter;

Pentingnya membangun website yang ramah, tersenyum, informatif pada halaman pertamanya

Begitu membuka website, seharusnya user sudah langsung terkesan dengan keramahan web yang santun, sopan, sebisa mungkin seakan tersenyum. Bisakah web tersenyum? Cobalah anda perhatikan ketika anda masuk bank, semua instrumen seakan tersenyum. Mulai dari kebersihan, performa, layout yang rapi, tersedianya semua kebutuhan awal pelanggan, Pulpen pun selalu tersedia,  slip yang rapi.
Terjemahkanlah unsur-unsur tersebut dalam website

  1. Bangunlah header yang menampilan nama perusahaan begitu jelas dan kontras
  2. Menampilkan gambar foto yang benar-benar ada hubungannya dengan usahanya
  3. Tampilkan lah pada halaman atas ketika monitor 1024 x 768, layanan sudah tertampilkan
  4. Adanya aksen kehidupan dalam gambar, baik aktifitas kecil maupun besar
  5. Buatlah halaman pertama tampilannya mewakili isi web dan perusahaan secara sinergi
  6. Dan lain-lainnya sekitar 12 item lagi

Hidupkanlah website anda seperti layaknya ruangan/kantor yang representatif
Website memang sosok yang visual nya statis dan cenderung satu arah yaitu menjelaskan dan menampilkan, sedinamisnya pun masih sekedar menampung dan merespon, belum bisa seperti suasana kantor yang banyak CS dan Supervisor dengan jawaban yang yang sangat relative dan variatif, website repson relatifitasnya masih terbatas.
Web Bisnis harus mempunyai nilai Public Relation yang tinggi didukung suasana yang nyaman dan lega/focus.

  1. Jangan lah membangun web bisnis anda atau klien anda terlalu ramai dengan banner dan animasi, karena pengunjung butuh energi besar untuk mencerna riuhnya animasi-animasi tersebut, buatlah animasi seminim mungkin
  2. Tempatkanlah menu feedback, saran, kritik, complain pada area yang mudah dijangkau saat kunjungan web masih dalam 3-5 menit, sehingga web mampu meningkatkan nilai reaktifnya.
  3. Gunakan gambar dengan bijak, jangan seakan menunjukkan kehebatan desainer dan programmer dengan javascript yang tidak representative, web bisnis reputabel bukan galeri apresiasi desainer, kecuali web tentang galeri budaya/seni.
  4. Tentukan font yang standar ukuran nya pada semua lapiran web dengan variasi ukuran maksimal 3 ukuran untuk memberikan focus area, besar berarti materi, ukuran tengah sub materi, kecil adlaah diskripsi. Kaitkanlah dengan teknik SEO anda
  5. Buatlah menu yang terukur dengn pengelompokan yang jelas, menu utama, menu produk, menu feedback dan menu ketentuan/persyaratan, buatkah partisi menu maksimal berisi 5-7 menu setiap partisi
  6. Dan masih banyak lainnya sampai 9 item lagi.

Secara konstektual web bisnis reputable harus lah memiliki representasi nilai-nilai human release, sangat manusiawi dan sistematika seakan seperti ruangan layanan yang kondusif.

Dalam posting ini baru ada 2 area materi membangun web bisnis yangreputabel, pada posting tulisan berikutnya akan kita ulas strategi layout yang consumerable, sehingga strategi bisnis bisa tervisualisasikan oleh webmaster.


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Satu tanggapan to “Strategi Bisnis Online : Membangun web yang reputable untuk bisnis professional (seri 1)”

    1. Andri Apriyadi on March 21st, 2010 10:58

      Kereeennn! Thanks ya uda sharinggg

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan