Strategi bisnis : Titik krusial bisnis berbasis kemitraan adalah keunikannya

Bisnis bersistem kemitraan kita bagi ada 3 : waralaba, business oportunity dan lisensi.  Dalam perjalanannya ketiganya memang banyak perbedaan. Namun ada beberapa titik kesamaannya, bahwa “keunikan” akan menjadi kekuatan.

Sayangnya dari sisi waralaba saja, ternyata banyak keunikannya tidak bertahan lama, alias tidak bersifat jangka panjang. Nah ini perlu terus dibangun, karena dari keunikan inilah menjadi embrio pembeda dari yang lain.

Nah apakah keunikan ini benar-benar penting di ranah waralaba, business oportunity dan lisensi?

  1. Khusus waralaba, tidak mudah ditiru termasuk oleg franchisee
  2. Khusus business oportunity, maka re-order terus terbina karena respon pasar positif
  3. Khusus lisensi maka akan membangun kepercayaan akan benefit dari sebuah merek yang menjadikan brand images semakin baik

Dari manakah keunikan dibangun, agar kelangsungan bisnis terjaga?

  1. Produk
  2. Layanan
  3. Promosi
  4. Harga
  5. Paska penjualan
  6. Kepeduliaan

Sehingga jangan ragu, segera riset keunikan Anda agar tidak terbenam oleh waktu

Tulisan menarik lainnya

Tentang penulis : Ipan Pranashakti

Praktisi bidang online marketing, marketing era digital, menekuni bidang online sejak 1998, Lebih dari 70 kali menjadi narasumber seminar/workshop/talkshow di berbagai kota di Indonesia, dengan lingkup materi Strategi menangkap peluang usaha offline dan online, Strategi Marketing, SEO, Social Media Optimization, Toko Online+Ecommerce, Netpreneur, Kewirausahaan. ------------------------------------------------------ Contact Person : 0815 787 22222 ( SMS Only) Email : ipan999@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.