Strategi Bisnis Toko Online : 3 langkah positioning web toko online dalam komunitas online.

Dalam  3 bulan ini banyak sekali email dan sms yang masuk ke saya berkenaan dengan pertanyaan bagaimana promosi toko online.  Secara umum tentu pertanyaan seperti ini harus dijawab dalam forum interaktif, jika via email, masih banyak terjadi multipersepsi. Namun tidak salahnya saya sampaikan sesuatu yang ringan dahulu tentang pemilahan target promosi toko online.

Sesuatu yang bersifat online maka kecenderungannya juga lebih sulit untuk dicari kembali jika tidak diformat secara khusus,  karena ketika toko offline bisa melekat pada lokasi yang pasti, misal pusat Toko Buku Islam Amanah ada di Jalan…….. di Ibu kota Jakarta. Nah jika toko online maka tidak banyak indikator yang dapat mengarahkan pada sebuah lokasi layaknya toko offline di jalan besar. Untuk itu perlu ada 3 usaha yang ringan, antara lain :

1. Berkomunikasi dg hubungan yang personal.

Berkomunikasi secara online usahakan ditarget ke hubungan yang personal. Misal dalam milis, forum dll. Jangan lupa pemilik toko online mengidentifasi member yang bertanya,tertarik, kemudian satu profesi, Jangan lah berpikir bahwa anggota komunitas ini akan menginat anda dengan sendirinya, harus dari pengusaha yang menjaga hubungan,baik sapaan, informasi produk baru, informasi diskon. Kenapa? Karena dengan hubungan personal maka pengusaha sedang melakukan komunikasi yang ”berisi”. Kenapa? Karena anda sebagai pengusaha menawarkan sesuatu bersifat jawaban, sapaan bisnis, reaksi dari hubungan yang ada sebelumnya, dan kerahasiaan atas kekecewaan, keluhan lebih terjamin, tidak diekspos secara online.

2. Perlebar hubungan, kerucutkan pasar potensialnya.

Perlebar hubungan secara online namun persempit mengkerucut  pasar potensialnya, artinya bahwa perlebarlah hubungan siapapun secara online namun juga anda mengkerucutkan data meraka yang mengarah kepada calon pelanggan  atau pelanggan, termasuk yang potensial untuk kerjasama transkasi. Yang terjadi selama ini biasanya Pengusaha toko online melewatkan data nama, HP, email, dan YM dari penanya/penkonfirmasi. Bahkan membiarkan begitu saja. Jika ini terjadi maka pengusaha ini kehilangan momentum, jika akan mempromosikan produk baru atau diskon baru, maka harus  masuk pada ruang promo yang sangat luas kembali yang tidak tahu didalamnya apakah ada sesuatu yang potensial untuk proses pembelian

3. Pancinglah partisipasi aktif

Pancinglah partisipasi aktif dari anggota komunitas online atau komunikasi online, bisa dengan hadiah Cuma-Cuma bagi yang mengkritik web toko online, atau usulan-usulan tampilan dll. Dengan memancing partisipasi maka ada kemungkinan fokus dan arah perhatian komunitas menuju web toko online anda. Misal lomba review toko online tokotoko.com, berhadiah HP 3 buah. Walau HP itu hanya CDMA seharga 199.000,- namun karena ada 3 buah itu cukup menjadi perhatian, syukur-syukur menjadi harapan bagi anggota komunitas. Dengan ini maka anda “memaksa” orang untuk melihat produk anda, dan diharapkan ada dampak di kemudian hari.

Sukses untuk strategi bisnis toko online anda.


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    2 Tanggapan to “Strategi Bisnis Toko Online : 3 langkah positioning web toko online dalam komunitas online.”

    1. safira putri on March 16th, 2011 22:39

      Om…bagus banget artikel2 nya sangat membantu.

    2. PinkBerryStore on November 9th, 2012 10:28

      terima kasih artikelnya… sesuai banget bagi kami yang baru merintis bisnis online..

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan