Strategi Bisnis toko online – Dua

Setelah dari tulisan sebelumnya bagi pemula tentang ” Strategi Bisnis toko online – Satu ” maka perlu diperjelas posisi Anda sekarang, jika sudah dalam level menengah, atau boleh dikatakan sudah mulai mendapatkan pangsa pasar tetapĀ  maka dengan ini ada beberapa strategi bisnis yang harus dikembangkan

Strategi Bisnis toko online taraf menengah :

  1. Memujudkan produk yang inovasi setidaknya setiap minggu ada produik baru, jika tidak maka inovasi diskon, beli satu darpat 2, intinya buatlah toko online Anda selalu punya tema2 untuk dibaca kembali, walau dengan produk lama
  2. Mewujudkan pelayanan pelanggan bernasis CRM atau RTS, sehingga perlu penanganan seriuc terhadap data pelanggan diweb misal nama dengan umur, asal kota, produk yang diminati, tuliskan dalam bentuk ringkas tapi jelas, agar untuk penentuan produk berikutnya bisa menggunakan kecenderungan penjualan sebelumnya
  3. Membuat tool untuk menganalisa pelanggan termasuk, produk yang sering dilihat, sering ditanyakan, walau tidak dibeli, untuk melihat sedalam apakah kepentingan pelanggan dalam melihat layanan dan produk toko online kita.
  4. Melakukan pendekatan kepada supplier, atau mencari supplier alternative jika memang ada keunggulan yang ditawarkan lebih bernilai
  5. Melakukan pendekatan kepada SDM kita jika memang memilik karyawan, intinya maintenance lah mental dan motivasi mereka, banyak hal yang bisa dilakukan, banyak sekali.
  6. Mengamati setiap hari, terutama pagi, terhadap 5 web toko online pesaing, untuk melihat atraksi marketing dan taktik marketingnya, sehingga kita tidak memberikan menentukan langakah antisipasi atau media publikasi berkenaan dari manuver pesaing.
  7. Membuat blog tentang kajian manfaat dari produk, cara pakai, cara merawat dalam hal ini blog bersifat edukasi, walaupun nantinya diarahkan kepada web toko online kita, ini bisa menggunakan blog gratisan atau berbayar, tergantung misi , tujuan dan anggaran Anda. Blog ini bersifat berbagi informasi terlebih dahulu
  8. Kembangkan layanan dan jaminan layanan, dalam hal ini produk boleh sama namun layanan harus semakin exclusive, dekat, mudah didapat tanpa syarat, misalĀ  layanan antar dalam kota pada hari yang sama, khusus order sebelum jam 9 pagi, gratis resep masakan untuk pembelian jilbab, namun dalam resep masakan diisi strategi publikasi pormosi kita.

Demikian strategi bisnis toko online dua silahkan baca “Strategi Bisnis toko online – Tiga”

Tulisan menarik lainnya

Tentang penulis : Ipan Pranashakti

Praktisi bidang online marketing, marketing era digital, menekuni bidang online sejak 1998, Lebih dari 70 kali menjadi narasumber seminar/workshop/talkshow di berbagai kota di Indonesia, dengan lingkup materi Strategi menangkap peluang usaha offline dan online, Strategi Marketing, SEO, Social Media Optimization, Toko Online+Ecommerce, Netpreneur, Kewirausahaan. ------------------------------------------------------ Contact Person : 0815 787 22222 ( SMS Only) Email : ipan999@yahoo.com

4 Komentar

  1. artikelnya sangat bermafaat bagi saya seorang pelaku bisnis online pemula,artikel2 mas bisa jadi penunjuk arah tuk saya agar tak terlalu tersesat,trimakash banyak

  2. saya sebenarnya baru mau mulai membuat bisnis online mas ipan.. tapi tidak tahu harus mulai darimana.. tapi berkat artikel dari mas ipan, saya jadi lebih tahu banyak… trims.

  3. saya ingin lebih banyak lagi mengerti tentang bisnis online ini, maukah anda menjadi mentor saya….

  4. trims bgt infonya..sangat membantu,mudah dimengerti. tinggal praktek!!! ga gampang yaa jd manajer.
    sama dng permintaan mr.Ronald, bisa ga jd mentor saya??? yg amatir n masih gelagapan memanage bisnis online??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.