Strategi Bisnis Toko Online : Pentingnya memahami faktor logistik untuk sukses di toko online

Membuat toko online mungkin nantinya semua orang bisa secara mandiri. Memajang produk ke web toko online secara mandiri, mengiklankan secara mandiri. Namun ada beberapa kepentingan rantai distribusi yang perlu dikuasai, yang mungkin setiap produk  mempunyai karakteristik yang berbeda.

Perbedaan karakteristik dari faktor logistik dalam rantai toko online antara lain:

  1. Produk Furniture, secara umum barang berukuran besar, berat namun sebagian riskan terhadap kerusakan faktor ruang, misal karena hasil perakitan, modifikasi.
  2. Produk Peralatan Fitness, Mebeler susun. Membutuhkan proses perakitan di tempat lokasi setelah sampai.
  3. Bahan Kimia, mempunyai penolakan tinggi di perusahaan pengiriman, menuntut pengemasan yang standar, dan surat-surat jaminan dari pihak berwenang, sebagian besar memiliki kandungan racun, mudah tumpah, memuai, berbau.
  4. Software, mempunyai karakteristik bahwa mudah diduplikat, bernilai tinggi, resiko dicuri dan kadang intalasi  bergantung pada platform atau mungkin hardware
  5. Barang pecah belah, resiko pecah, tergoncang dll

Nah dari sebagian yang diatas, maka pengusaha toko online sebelum memajang barang tersebut perlu mencari informasi tentang rantai logistiknya, misal :

Menjalin kerjasama dengan perusahaan pengirim, dan dapatkan informasi sebagai berikut:

  • Biaya dan faktor yang mempengaruhi biaya
  • Syarat pengepakan
  • Produk yang dilarang dikirim lewat udara
  • Solusi pengiriman lewat jalur kapal, darat
  • Solusi alternatif carter kendaraan
  • Perbedaan waktu tempuh untuk berbagai wilayah
  • Waktu strategis untuk wilayah tertentu, misal ke di pedalaman Papua hanya ada beberapa  penerbangan tiap bulan atau minggu, cari harinya dan perhitungkan dengan jadwal pengiriman anda, agar tidak habis di waktu tunggu di lokasi transit
  • Beda negara, bisa beda persyaratan untuk produk tertentu, misal ada negara yang menolak barang yang tidak mempunyai logo/standar/surat/bukti formal ramah lingkungan
  • Metode pelacakan saat pengiriman, elektronik atau manual atau tanpa bisa dideteksi
  • Asuransi dan klaim asuransi untuk produk tertentu
  • dll

Semua ini bisa diserahkan kepada staf atau pihak ketiga, dan pengusaha pun tidak perlu pusing dengan informasi-informasi di atas, karena bisa bersifat teamwork, namun toko online besar dunia, mempunyai penguasaan atas informasi tersebut dengan baik dan terdata

Alasan kenapa menguasai faktor logistik?

  1. Prediksi yang akurat, lambang profesioanalisme
  2. Memuaskan pelanggan selain produk, juga jaminan waktu
  3. Memuaskan pelanggan selain produk, yaitu rasa tenang karena kualitas pengepakan, metode pengiriman
  4. Memacu pada perkiraan biaya yang variabel namun tetap profit able

Demikian di atas gambaran faktor logistik dalam toko online jika akan memasuki pasar yang semakin luas.  Semua di atas saya tulis dengan mengalir, mungkin kedepan ada sedikit perubahan untuk update.


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    5 Tanggapan to “Strategi Bisnis Toko Online : Pentingnya memahami faktor logistik untuk sukses di toko online”

    1. teddy on September 15th, 2009 09:37

      artikel yang bagus

    2. liliek sumartiningtyas on January 27th, 2010 05:40

      Liliek says:

      Apabila kami ingin bergabung dalam bisnis online Bp. Ipan apa syarat dan kewajibannya?

      Jawaban Ipan
      Terimakasih. Untuk bisnis online, sy hanya bisa menawarkan untuk kegiatan workshop atau seminar, dan tidak ada tarif khusus, silahkan hubungi sms saya ke 0815 787 22222

    3. ronny on July 18th, 2010 08:55

      good article,assalamualaikum……………salam kenal

    4. bagyojose on July 30th, 2010 19:51

      makasih pak infonya…

    5. fansbite on March 27th, 2014 15:13

      memang susah nih. kebetulan saya mainnya di bidang kimia dan pecah belah. Yang lebih sulit ini bahan kimia

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan