Strategi Bisnis Toko Online : Pentingnya mengkoneksikan Produk yg dijual di Toko Online dengan domain

Toko Online menjadi solusi dalam beberapa hal bidang penjualan karena kemudahannya, baik kemudahan dibuat, dipesan ke developer dll. Juga karena kecepatan dalam pembuatan Toko Online saat ini lebih cepat dari pada waktu untuk menghabiskan tidur siang,  mulai dari pemesanan domain, hosting dan instal, karena banyak layanan instan. Tetapi mungkin perlu diingat, saya pernah menyampaikan ke saat Workshop E-commerce di UC UGM dengan contoh lain, bahwa ketika  setiap orang mampu berjualan “jagung bakar”, baik dari anak-anak sampai kakek-kakek, dan dari modal 10ribu sampai yang 1 juta, maka titik jenuh di masyarakat akan semakin tinggi. Karena akhirnya di semua tempat bisa ada penjual jagung bakar, namun seiring banyaknya penjual, maka cirikhas jagung bakar harus jelas, kemudian yang tidak boleh lupa, jika masyarakat pembeli jagung puas, biasanya lain waktu mengidentifikasi lokasi penjual jagung secara otomatis dengan istilah:  Penjual Jagung Dekat perempatan, Penjual Jagung ujung jalan, Penjual jagung dekat kelurahan. Apa artinya?

Ketika semua orang bisa membuat toko online, maka pengusaha sukses biasanya mencoba keluar dari pertempuran persaingan yang jenuh dengan membangun banyak identitas pendamping yang khas juga. Nah identitas yang cukup kuat dari Toko Online salah satunya adalah domain yang strategis.  Kenapa?

  1. Domain adalah cirikhas yang hanya satu didunia, tidak ada duplikasi
  2. Domain juga dapat dijadikan brand. Misal ebay.com, bhinneka.com
  3. Domain mudah diingat dari pada menghafal sekaligus nomor fax, alamat dan nama perusahaan.
  4. Kebanyakan lebih suka menghafal www.visimaster.com daripada Misal CV Visimaster Mediatama Yogyakarta No telp 0274 9110088  Email support@visimaster.com. Identitas yg cukup panjang dan lebih sulit dihafal, lebih mudah www.visimaster.com

Jika kecenderungan masyarakat mulai menjadi kan domain sebagai identitas bahkan brand selain dari nama perusahaan itu sendiri maka pengusaha Toko Online harus mensiasati dengan beberapa hal berikut.

  1. Lekatkanlah nama domain, dalam setiap komunikasi dengan pelanggan, misal di SMS, Email, Bungkus paket pengiriman, Kartunama, Brosur dengan huruf yang lebih menonjol dan fokus.
  2. Jika anda memiliki banyak toko online, cukup satu domain yang dijadikan ciri dan identitas, namun jadikan sebuah portal yang bisa linking ke banyak web yang dimiliki, misal detik.com ketika mengaskes berita artis, maka linknya detikhot.com, jika tentang redaksi menjadi  http://redaksi.detik.com Kenapa sepeti ini? Karena jika anda punya toko online, maka bisa saja pelanggan toko online anda juga menerima penawaran dari toko online lain, yang tentu setiap hari lahir toko online -toko online
  3. Jika memiliki banyak produk berbagai bidang, maka jangan jadikan satu di sebuah web, buatlah subdomain misal untuk toko baju http://busana.tokotoko.com untuk buku maka http://buku.tokotoko.com kenapa? Karena biarkan bidang-bidang usaha anda juga menjadi identitas dan brand. Jangan sampai sebuah web toko online berisi produk Gado-gado, karena ciri dari toko online ada sulit diingat, misal : ”Toko Online abctoko.com itu menjual apa yah?” Jawabnya : ”Yah ada sayuran, obat, sablon tas plastik, ada kerudung dll”. Nah dari sini maka persepsi masyarakat dan pelanggan akan semakin bercabang, apakah toko online ini jualan beneran atau hanya tempat iklan, broker, dll.

Domain toko online adalah sesuatu yang harus kita sosialisasikan, karena kebanyakan toko online tidak menyimpan  stok produk di satu tempat dan bukan milik sendiri mungkin mengambil/menjualkan dari tempat lain, sehingga tentu kunjungan pelanggan toko online lebih diharapkan melalui akses informasi di web daripada tiba-tiba pembeli datang ke rumah anda sebagai pemilik toko online, tanpa konfirmasi.

Untuk itu sosialisasikan domain  antara lain:

  1. Saat promosi
  2. saat ada undangan seminar
  3. saat mengikuti pameran
  4. saat bertemu dengan teman reuni
  5. saat terjadi transaksi
  6. saat pengiriman barang ke pelanggan
  7. saat bertemu saudara
  8. dll

Dan yang terpenting koneksikan produk anda dengan domain, sehingga ketika ada masyarakat yang puas dengan produk anda, maka diharapkan pelanggan juga puas terhadap tempat dimana membelinya. Walaupun misal anda menjual produk Herbal milik orang lain, namun jika herbal memuaskan, maka sudah selayaknnya web toko online anda juga mendapatkan kepercayaan tersebut sehingga diharapkan kedepan jika pelanggan membeli obat herbal selalu ingat  dalam otak kanannnya; “kalo mau beli Obat Herbal buat mata di tokotoko.com saja, karena pasti asli dan obatnya cocok”.  Jangan sampai pelanggam berpikir  “Kalo mau beli Obat Herbal buat mata nyari di web saja dengan google, nanti pasti ketemu”. Bisa minim repeat order jika kasus seperti itu terjadi.

Selamat mengkoneksikan produk dengan domain, lindungi domain anda dan jangan sampai ada peluang duplikasi dengan ekstensi domain lain, misal tokotoko.com, pesaing anda membuat tokotoko.net untuk mengacaukan konsentrasi produk atau harga.


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    8 Tanggapan to “Strategi Bisnis Toko Online : Pentingnya mengkoneksikan Produk yg dijual di Toko Online dengan domain”

    1. general transcription companies on February 18th, 2010 14:08

      The information on this website is very useful. i am really thankful to you to share such a valuable information with everyone.

    2. massigit on July 7th, 2010 19:38

      Terimakasih pak .. Artikel yang luar biasa. Lengkap, rinci, bagus. Saya akan kembali kesini lagi.. 🙂

    3. lokajaya on October 7th, 2010 13:41

      Mohon Izin dulu untuk Copas…..

      Mohon maaf, Pak Lokajaya.
      Penggandaan materi harus mendapat izin tertulis.
      Dengan menghargai karya orang lain, insya Allah orang juga akan menghargai karya Anda.

      IBN Foundation — Tim Hukum

    4. duniaislam on October 18th, 2010 18:38

      artikel yang luar biasa pak

    5. Adi on November 3rd, 2010 08:46

      terima kasih pak ilmunya.ini sangat berarti bagi saya

    6. Jumadi Dedi Ismanto on August 30th, 2011 19:30

      Bagus sekali,saya setuju 100%,,,

    7. style-fa on December 29th, 2011 15:54

      saya baca dan akan saya terapkan, terimakasih

    8. Jefry on May 14th, 2012 16:43

      saya baru mengerti banyak dari ulasan ini, sepertinya beberapa domain yang masih available dan berkaitan dengan bisnis saya mesti kudu saya amankan
      terima kasih atas infonya dan sukses selalu buat anda

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan