Strategi Bisnis Toko Online : Skill yang dibutuhkan untuk memajukan Toko online

Seperti dalam berbagai media online ada penawaran pelatihan toko online, maka yang tampak baru sekedar penawaran pelatihan install softwaere toko online, artinya baru sebatas membangun toko online sebagai benda. Belum memiliki roh yaitu strategi bisnis dan pemuas pelanggan. Namun saya sedih sekali ketika pelatihan membuat toko online baik dengan oscommercer, prestashop, magento, zen cart dll itu diberi judul stategi bisnis online. Kenapa? Iya karena pelatihan itu baru mengarah pada skill IT saja sedangkan masih ada banyak skill yang dibutuhkan untuk memajukan toko online, antara lain:

Skill BIdang Keuangan

Skill ini dibutuhkan dalam bisnis toko online untuk menagarah pada sejauh mana pengelolaan toko online menjadi unit  yang profitable, artinya bisa memperoleh  laba jadi tidak hanya menerima uang. Banyak toko online masih menghitung bisnisnya sekedar menerima uang. Skill Bidang keuangan harus bisa memperhitungkan, biaya operasional,  biaya promosi, dan perencanaan keuntungan jika ada diskon, jika  biaya tak terduga untuk return, klaim pengiriman dll. Pentingkan bidang keuangan ini? Kalo anda ingin sukses seperti EBAY.COM anda wajib menetukan arahnya. Sehingga menentukan diskon bukan dari feeling saja, namun dari prediksi keuntungan setelah memperhitungkan biaya operasional. Emosional dalam arus diskon karena pesaing maka menyebabkan frustasi sesaat jika ternyata keuntungan sangat minim tidak mampu diputar kembali dananya. Ingat ini bisa dipelajari sambil jalan tapi harus dipahami. Bidang keuangan juga mampu mengawasi perkembangan atau keruagian secara cepat.

Skill Bidang Pemasaran

Ada beberapa perusahaan yang begitu menggantung kan usahanya terhadap aspek pemasaran tentu juga dalam toko online, karena yang dijual di toko online mudah sekali di duplikasi oleh orang lain, dengan harga yng mungkin lebih murah. Saya ingat bahw ada produk di Yogya bidang kerajinan yang dijual online, dalam 3 hari sudah diduplikasi di toko online milik orang jawa barat dengan harga lebih miring, karena memang kedekatan bahan baku lebih unggul di Jawa barat. Sehingga pemasaran merupakan hak yang penting  agar transaksi terus berjalan, awareness juga tetap berlaku setiap saat. Pemasaran yang baik tentu adalah bukan sistem menjual saja, namun lebih kepada mengingat pelanggan untuk tetap puas dan tetap loyal. Produk boleh sama, harga bisa lebih mahal namun karena konsen dalam membangun  kredibilitas, pelanggan tetap loyal.

Skill Perilaku Konsumen

KEtika semua orang membuat website untuk toko online maka, berbondong-bondong orang mengikuti pelatihan training computer  dan programming toko online namun sadarkah bahwa semua pelanggan tidak akan mengakses lewat web dengan akses  HTTP bisa saja karena ada PDA,HP, Blackberry yang canggih maka model WAP, MOBILE ACCESS lebih disukai karena kecepatan, kemudahan dan murah akses. Perangkat PDA,HP, Blackberry memang semakin sebanding dengan Laptop, tapi itu kan fitur, nah untuk lebarnya layar maka PDA,HP, Blackberry tidak bisa menandingi Laptop atau PC. Perilaku ini juga berdasar segmentasi yang tepat.

Skill untuk Management Information System

Tidak harus dari orang Informatika untuk bisa menguasai Management Information System, karena toko online yang mempunyai kekuatan yang baik adalah toko online yang menggunakan Management Information System yang berorintasi pelanggan. Misal masing  masing SOurcode antara Prestashop. Magento, Zencart, OScommerce menawarkan Management Information System yang berbeda. Atau anda mau membuat sendiri web toko online maka Management Information System adalah dasar yang terus diperbaiki, bahkan EBAY yg besar pun terus menyempurnakan aspek Management Information System. Facebook pun penyempurnaan untuk bidang Management Information System tetap dijalankan, untuk akses yang cepat, mudah ,murah, simple, namun tangguh dalam melayani transaksi

Skill Ekonomi

Ini hanya sekedar tambahan yang lebih mendorong faktor apa yang akan booming  dalam produk-produk masa depan dan tetap aman sampai waktu tertentu. Misal dengan memanfaatkan situs Desperindag dan Bursa Ekspor impor dan gejolakperekonomian suatu Negara maka bisa menentukan lamgkah, minimal mampu mengalihkan arah penjualan dari suatu Negara yang tiba-tiba hancur bangkrut ke Negara yang lebih kondusif. Dengan Skill Ekonomi prediksi trend akan lebih mudah, misal lebih prospeks mana, antara bisnis toko online mebel ekspor atau bisnis  toko online hasil kerajinan.

Ada 5 skill lagi yang perlu dalam membangun sukses nya toko online, akan disampaikan lain waktu. SUkses dengan toko online yah, aka nada artikel toko online di masa-masa  mendatang.

Tidak perlu gusar semua skill uuntuk membangun skill toko online dengan sukses bisa dipelajari/dibangun secara perlahan, yang terpenting mulailah dengan membangun toko online dari hal yang terkecil.


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    3 Tanggapan to “Strategi Bisnis Toko Online : Skill yang dibutuhkan untuk memajukan Toko online”

    1. yanto(tokoislam) on September 11th, 2009 10:39

      setelah saya amati skill saya yang dominan baru 2 doang nih..mesti banyak belajar lagi nih…

    2. 170p3'x on March 24th, 2011 17:34

      Yups setuju, dalam membangun toko online tidak hanya dibutuhkan skill teknis tapi yang terpenting adalah skill untuk strategi marketingnya. Kebetulan saya juga membahas tentang membangun toko online

    3. dzifikh on May 18th, 2012 16:24

      Thanks infonya izin share ni di website ni, sangat bermanfaat sekali infonya mengenai toko online, sy lg mengembangkan toko online, sukses terus buat artikel tentang toko onlinnya sangat bermanfaat,…

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan