Strategi Bisnis Toko Online : Sumber daya yang diperlukan dalam membangun TOko Online yang hebat

Toko online adalah interface dan multi disiplin ilmu, terutama dalam klasifikasi sumber dayanya ,maka Toko Online layaknya toko offline biasa butuh manajemen yang hebat, untuk perencanaan sukses.

Faktor apa saja yang menentukan kesuksesan toko online dipengaruhi oleh beberapa hal, namun setidaknya yang diharapkan ada minimal:

Sumber Daya Manusia

INi merupakan titik inti dari “bisnis proses”nya toko online, dengan memiliki SDM yang siap menghadapi perputaran ganasnya pemasaran online maka siapkan SDM  multi talenta dan kepekaan tinggi.

SDM ini perlu ditekankan mengenai prosedur standar dalam menjalankan bisnis online. Prosedur Kerja, Instruksi kerja yang benar maka akan mengamankan bisnis anda. KEnapa? Karena di bisnis online salah dalam mengetikkan satu angka saja maka bisa berdampak kerugian, misal dalam akses alat pembayaran, ada kesalahan misal  mengetikkan angka nol kelebihan satu saja maka bisa berdampak panjang, harusnya transfer  10juta menjadi 100juta dll.

Sumber Daya Sistem  atau sistem Opensource

Ini  berpengaruh terhadap daya tahan sistem yang digunakan, berkenaan dengan sejauh mana toko online ini akan tetap kokoh diakses dan digunakan oleh banyak orang dalam  jangka panjang, baik dari sisi ketepatan pemilihan CMS Toko Online dan Web Developer. Dari sisi ancaman, maka adanya Cracker dan hacker dengan tekniknya bisa melumpuhkan bisnis toko online jika tidak sempurna dalam hal ini. Mungkin berdampak pada data rekaman, transaksi,  daftar produk yang bisa tiba-tiba hilang. Di beberapa kasus web e-commberce dunia sampai kepada manipulasi harga, dibuat murah oleh cracker dan  dibeli sendiri.

Pemillihan antara menggunakan CMS  Toko Online yang gratis dan berbayar merupakan kepentingan strategis, bukan persoalan “berita dari teman”, atau ingin mendesain sendiri, ini jauh lebih perfect dengan syarat developer dan perancang desain sisstem pernah secara nyata membuat dengan prosedur yang standar minimal dunia.  Yang jelas harus mengarah kepada kemudahan dan kepuasan dari  2  sisi,  yaitu perusahaan dan pelanggan.

Semakin mudah digunakan oleh masyarakat,  maka web toko online membantu efektifitas pemasaran secara utility.

Sumber Daya Lalu Lintas Pembayaran Online

Dalam toko online karena durasi titik temu antara pengunjung web  pengelola toko online bisa berjalan dengan cepat, maka kualitas kecepatan konfirmasi  dalam penerimaan dan pembayaran cukup penting. Anda bisa membayangkan jika Toko Online namun pembayaran menggunakan wesel Pos?  Standar pembayaran ini memiliki banyak faktor, jika hanya dalam negeri maka pembayaran transaksi toko online tidak begitu rumit alias mudah-mudah saja, namun jika lintas Negara maka perlu media pembayaran yang cepat di monitor dan auto debet, misal Paypal, Google Checkout,  atau manual Wire transfer, Western Union, Liberty Reverse dll. Semuanya mempunyai perbedaan waktu dan biaya pemakaian. Sedang Paypal pun ada regulasi dana yang masuk bisa ditarik kembali jika ada penyalahgunaan secara undang-undang.

Sumber Daya Perangkat Keras: Server, Jaringan Internet, PC/Laptop

Ini merupakan prasyarat, karena dengan memilih server  yang tangguh dengan Uptime Connection lebih dari 95% maka toko online anda akan mudah diakses kapanpun. Kemudian penentuan lokasi data center untuk hosting antara lokasi Server Indonesia, Singapore atau USA.

Kemudian perangkat akses internet merupakan sumber daya wajib karena masyarakat lebih senang via email, YM atau Facebook untuk konsultasi dll. JIka pasar Indonesia mungkin bisa lewat SMS dan Telepon namun jika pangsa Internasional maka email, YM atau Facebook adalah bagian dari kewajiban layanan. Bisa dijembatani dengan Blackberry, PDA, HP, IPhone dll.

Laptop atau  PC tentu adalah alat wajib dalam manajemen bisnis online, pastikan bebas virus spyware dan Trojan agar transaksi anda tidak diganggu  dan diintai.

Sumber Daya Komunikasi Real Time

Dalam toko online ketika transaksi mungkin masih minim, maka komunikasi  dengan email, Ym cukup nyaman, namun jika berkutat dengan masalah barang yg belum sampai, barang cacat, hilang di pengiriman, maka harus disediaakan ruang akses komunikasi real time, karena ini adalah solusi dari bisnis online, kecepatan dalan trouble shooter menjadi alat ukur bagi pleanggan. SMS  24 jam, layanan pengiriman terpantau denganonline seperti  POS EXPRES dll .

Real time dalam hal ini, bahwa usahakan pelanggan terbaisa menerima jawaban yang pasti dan jelas,  jangan  sampai lempar sana lempar sini. Karena dalam dunia online, kepercayaan dibangun ketika ada “solusi” dalam penyelesaian masalah, karena satu dengan yang lain dalam dunia online belum tentu salaing mengenal.

Sukses dengan toko online-nya, tunggu tulisan-tulisan saya berikutnya.


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Satu tanggapan to “Strategi Bisnis Toko Online : Sumber daya yang diperlukan dalam membangun TOko Online yang hebat”

    1. aziz on November 25th, 2009 13:22

      Salam kenal untuk pa Ipan.
      Saya Aziz d Timoho Jogya pak.
      Pak, kita sdg construct web kami, sbntar lagi mau launch.
      Artikel2 anda sangat memabntu khusunya bagi kami2 yg masih barub terjun di dunia web marketing.
      Saya ingin tahu sekitar SEO berbayar yg lebih riil pak untuk mebantu trafic web kita. Bisa pak.

      Ipan says:
      Terimakasih mas Aziz, untuk layanan optimasi SEO khusus bisnis, silahkan bisa kontak pribadi ke saya di 0815 787 22222.

      Sukses
      Ipan Pranashakti

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan