Strategi Bisnis Toko Online untuk mahasiswa

Mahasiswa memiliki banyak waktu untuk mengembangkan dan berlatih usaha toko online sedini mungkin dengan penerapan strategi bisnis toko online yang cocok dengan karakter mahasiswa secara umum.

Beberapa strategi bisnis toko online yang bisa dikembangkan oleh mahasiswa, dengan cara usaha bersama, atau berkelompok.
Untuk mewujudkan impian usaha toko online bagi mahasiswa perlu disadari ada 5 hal

  1. Berorerientasi pada perkembangan pasar, tidak hanya pada produk, karena kalau produk, banyak lah yang mau menawarkan diri untuk dipasarkan dengan toko online.
  2. Berorientasi pada layanan prima, untuk strategi bersaing, bukan sekedar jual murah
  3. Berorientasi pada mambangun database pelanggan, sebagai modal keberlanjutan usaha setelah wisuda
  4. Berorientasi pada membangun brand dalam toko online, sehingga upaya membangun brand sudah dimulai dari hal terkecil
  5. Berorientasi pada ketidak sempurnaan menjadi penyempurna, sehingga menerima kritikan adalah bagian dari pendewasaan
  6. Berorientasi kepada keseimbangan aspek bisnis dan aspek teknis dalam toko online, tidak saja dari sisi teknis misal ribut soal CMS nya dll.

Selain itu juga perlu upaya aspek non teknis toko online sbb:

  1. Menentukan bentuk usaha toko online dari pola segmentasi yang tepat. misal usaha souvenir, mau fokus kepada souvenir manten/pernikahan, souvenir ekpor, souvenir custom dibuat sesuai pesanan, atau souvenir untuk segmen perhotelan.
  2. Menentukan target pasarnya dahulu, jangan menggarap semua pasar, bukan karena kita tidak mampu, tetapi masing-masing segmen yang ditarget memilki harapan, lokasi, perilaku yang berbeda. Sehingga diiihilangkan budaya mahasiswa yang hobi mengeneralisir¬† : “Membidik semua usaha, semua orang, semua produk”
  3. Membangun brand sedini mungkin, amankan brand sekaligus proteksinya, setelahnya bangun upaya positioningnya,apakah toko online mau dipersepsikan sebagai toko online terlengkap? toko online termewah?toko online terbaik layanannnya? toko online termurah? toko online terbaik jaminan dan garansinya?

Sehingga dalam memulai jangan tergesa-gesa ke teknis, misal debat sesama mahasiswa mau memakai Jommla Virtuemat atau Opencart, tetapi tentukan dan pusatkan ide dan pematangan awalnya, karena ini berkelompok, sehingga dapat menentukan strategi bisnis toko online yang tepat dari rapinya rencana awalnya.

Tulisan menarik lainnya

Tentang penulis : Ipan Pranashakti

Praktisi bidang online marketing, marketing era digital, menekuni bidang online sejak 1998, Lebih dari 70 kali menjadi narasumber seminar/workshop/talkshow di berbagai kota di Indonesia, dengan lingkup materi Strategi menangkap peluang usaha offline dan online, Strategi Marketing, SEO, Social Media Optimization, Toko Online+Ecommerce, Netpreneur, Kewirausahaan. ------------------------------------------------------ Contact Person : 0815 787 22222 ( SMS Only) Email : ipan999@yahoo.com

3 Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.