Strategi Marketing : 7 Differensiasi yang bisa digali utk daya saing

Differensiasi dalam strategi marketing diarahkan untuk memberikan Value yang mudah diingat dan benar-benar dirasakan perbedaanya, agar bisa melekat pada benak konsumen secara baik  dengan komposisi ; brand + keunikan+ value nya. Memang kalau dilihat sekilas differensiasi yang ada saat ini lebih cenderung dalam pendekatan fisik, misal :

  1. Desain toko
  2. Desain rombong dalam waralaba
  3. Desain custom untuk para pramuniaga
  4. Nama usaha
  5. Desain brosur
  6. Desain interior dalam ruangan usaha
  7. Desain kemasan
  8. dll dll

Sehingga banyak yang terjebak dalam pemikirannya bahwa differensiasi adalah sesuatu yang bisa di raba, disentuh dibedakan secara fisik. Sejatinya ada differensiasi yang sifatnya kasat mata, artinya bisa dirasakan walau belum tentu bisa diraba.

Berikut ada7 differensiasi yang merupakan gabungan dari keduanya:

  1. Differensiasi citra/images, adalah keberhasilan media dan komunikasi pemasaran sehinggaberhasil mengangkat citra pada level tertentu, misal carefour, garuda indonesia dll
  2. Differensiasi layanan, adalah bentuk bukti keunggulan layanan yang terdiri dari banyak hal namun memang benar-benar berbeda misal dalam mewujudkan layanan komunikasi online, layanan 24 jam, layanan antar dan pejemputan, layanan dalam kebersihan dan harumnya ruangan, layanan cepat dan kilat
  3. Diferensiasi teknologi, adalah upaya pendekatan dan kekuatan teknologi untuk memudahkan, menjaminkan akurasi, kecepatan analisa, otomatisasi yang bisa meminimalisir ketergantungan customer service yg berwujud manusia. misal dalam kemudahan pembayaran online, teknologi rekaman layanan dari waktu ke waktu, teknologi web programming sehingga semua serba otomatisasi. Contoh terkecil yang sering kita lihat adalah saat antrian ada pencetakan nomor antri secara otomatis dan pemanggilan ke customer service secara otomatis mengatur urutan, nah keunikannya nanti bisa pada bentul visual, alat tampilan, suara, dll  Atau contoh lain  langkah bhinneka menggaet BCA , sehingga ketika masuk kepada layanan online banking BCA ada menu otomatis pembayaran e-commerce untuk  pembelian bhinneka.com.
  4. Differeniasi distribusi adalah cara melayani kepada pelanggan dengan kekuatan lini yang unggul dan semakin cepat, gesit, responsif, misal seperti Indomaret memiliki banyak gudang di setiap kota, memiliki mobil khusus untuk mennyalurkan produknya ke minimarketnya. Atau dibidang elektronik misal memiliki cabang yang banyak di berbagai kota didukung tim ahli dengan kemampuan yang solusif.
  5. Differensiasi SDM, ini menjadi titik temu di beberapa perusahaan yang jika saya amati selalu menggunakan manusia cantik dan super tampan dalam promosi, dengan kustom yang elegan, atau justru terbalik bisa menggunakan SDM dengan kustom berjilbab rapi sopan dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, atau memiliki SDM yang memiliki track record dan pengalaman tinggi dan cekatan, sekilas ketika saya ke Bank BCA, tellernya sudah berumur tua, namun memang kehandalan dalam menggunakan komputer, logika jawaban per kasus, memang sangat baik. Ada juga disisi lain menonjolkan faktor keramahan dengan pilihan bahasa komunikasi yang tepat.
  6. Differensiasi Jaminan paska penjualan.  Ini memang tida begitu disadari banyak pihak, namun memang ketika beberapa produk motor berani menjamin garansi 5 tahun, atau LG Electronic menggaransi Monitor untuk PCnya dalam rentang 3 tahun, maka saat ini sebuah keunikanan yang unggul, karena produk sejenis garansi baru 1 tahun. Juga ada produk seperti Tupperware yang menjamin garansi produk seumur hidup. Atau ada juga dari produk laptop, jika dalam 1 tahun rusak maka diganti produk sejenis yang baru 100%.
  7. Differensiasi produk, ini sengaja saya letakkan di akhir, agar pembaca paham bahwa selain differensiasi produk ada 6 hal yang bisa digali. Untuk differensiasi produk jelas sudah tentu bisa bermaian dalam keunikan dari lini bentuk, desain, aroma, mudah dirawat, mudah diganti komponennya,  memeliki stuktur yang berdaya tahan tinggi, tampilan yang fashion able dll

Nah itulah 7 differensiasi dalam strategi marketing, semoga menjadikan ini sebagai langkah untuk meningkatkan strategi bisnis Anda. Jangan lupa itu baru core dari differensiasi,butuh kreatifitas Anda lagi jika ingin diterapkan agar semua pembaca bisa menggali keunikan2 masing2..

Sukses selalu

 

 


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan