Marketing Strategi Bisnis

Strategi Marketing : Memahami 4 level konsumen

Masih dalam kaitan diskusi dengan salah satu rekan yang memilki usaha cukup baik, maka kita asik juga soal dikusi tentang perilaku konsumen. Mengintip perilaku konsumen adalah salah satu cara dari sekian banyak yang bisa kita jadikan alasan untuk mendekati cara terbaik yang bisa langsung di respon konsumen, karena jika tidak maka kita akan sulit mendekatinya walau dengan media yang bertubi, tim marketing yang banyak.

Tujuan utama dari pembahasan perilaku konsumen adalah karena memang sebenernya ada 4 level terhadap konsumen tersebut :

  1. Prospek, yaitu pihak yang sudah mengenal bisnis kita, atau sudah kita kenalkan tetapi belum sekalipun membeli/transaksi¬† dalam pengamatan saya dalam forum, milis, komunitas banyak yang masih sebatas prospek, apalagi kalau kita masuk ke milis “dengan tujuan diem2 hanya mau promosi, walau ada artikel kecilnya tapi itu hanya kamuflase, maka seperti ini jika tidak dengan sistem rayuan benefit yang sebenarnya maka hanya memposisikan sebagai prospek. Ada lagi dalam istilah lain prospek adalah orang yang sedang mengamati tetapi belum melakukan kontak apapun, terutama dalam media onlinem sehingga perusahaan harus aktif jemput bola.
  2. Pelanggan, adalah orang yang benar sudah bertransaksi baik membeli jasa atau barang.
  3. Klien, adalah orang yang rutin bertransaksi, membeli dari apa yang kita miliki baik jasa atau produk
  4. Advocates, adalah mereka yang sudah puas atau sangat puas dengan jasa atau layanan kita sehingga akan berusaha menceritakan kepada pihak lain. Nah perusahaan harus peka terhadap tipe ancovates ini karena di sinilah bisa saling bersinergi. Namun harus diingat, advocates ini memiliki kecenderungan obyektif, sehingga jika perusahan intervensi maka sebaimnya secara bijak, dan dengan cara  smooth. Karena akan beda posisinya jika sudah menjadi bagian dari marketing independent, bedanya akan sangat kelihatan membujuk terus, merayu terus, sehingga posisikan Advocates secara obyektif jangan buru2 ditawari jadi marketing independent

Perusahaan yang baik selalu berpikir bagaimana “perilaku konsumen” karena dari sanalah kita bisa memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Demikian dari pemaparan saya di tips strategi marketing, semoga dengan memahami 4 level konsumen ini, semakin ada gambaran.

Marketing Strategi Bisnis


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    4 Tanggapan to “Strategi Marketing : Memahami 4 level konsumen”

    1. yani cantix on February 18th, 2011 15:05

      mohon petujuk untuk saya sebagai pemula di bidang marketing

    2. I Made Suryayana on February 20th, 2011 20:44
    3. muhammad jamil on February 27th, 2011 13:32

      saya memulai usah tout & travel…srategi apa yg harus sy pakai dalam merket ke pasar?

      terimakah kasih petunjuk nya

    4. olivia dewi on March 15th, 2012 21:11

      Menarik sekali ulasan mengenai 4 level konsumen diatas, ini bisa memberikan manfaat yang sangat berguna bagi kita nantinya ketika memang benar-benar terjun dalam bisnis. Sangat menarik ulasan diatas. Terima kasih

      Salam,

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent



    − 4 = 1

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan