Marketing Strategi Bisnis

Strategi Marketing : Perbedaann efektifitas pemasaran langsung dan pemasaran via media masa

Strategi marketing sebagai ujung tombak dalam mendorong nilai tambah yang bersifat  ekternal dalam  keberlangsungannya perlu ada pemetaan penerapan strategi tersebut terutama  apabila secara terintegrasi , lini pemasaran sedang dalam target/pencapaian tertentu.

Perbedaaan mendasar antara pemasaran langsung dan pemasaran melalui media masa adlaah unsure komunikasi yang dibangun dan dihasilkan:

Pemasaran langsung lebih kepada komunikasi 2 arah, dan mampu menciptakan komunikasi real time. Sedangkan pemasaran melalui media masa membangun komunikasi secara

  1. Pemasaran  langsung bersifat memuaskan kedua belah pihak, sedang pemasaran melalui media masa berisfat memberikan arus informasi dan nilai-nilai persuasi.
  2. Perbedaan Feedback, dengan pemasaran langsung perusahaan dapat sekaligus mengetahui perilaku pasar yang langsung mengggunakan produk/layanan. Misal informasi kapan membeli, produk terakhir yang dibeli, produk pesaing  yang sering menjadi barang substitusi, kemampuan daya beli rata-rata pelanggan setia. Pemasaran dengan media iklan, tidak selalu dapat memberikan penjualan dalam wkatu cepat dan sulit terukur efektifitas strategi periklanan tersebt secara akurat, yang bisa hanyalah kecenderungannya.
  3. Pemasaran langsung dapat menempatkan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan informasi yang diharapkan pelanggan. Pemasaran  media iklan penenkannya kepada nilai sosialisasi dan distribusi informasi kepada seluruh lapisan masyarakat secara heterogen.
  4. Pemasaran langsung dapat secara langsung memberikan aspek perubahan dalam keputusan manajemen, masukan dari pemasaran langsung dapat diuji dan diterapkan secara simultan dan “sambil jalan”. Pemasaran dengan media masa perlu penentuan indikator dari aspek penjualan ending user, artinya dari agen terbawah kepada pengguna  langsung.
  5. Efektifiitas “nilai pengaruh” dan “nilai bujukan” terhadap pelanggan  dengan hasil yang berbeda. Pemasan langsung dapat membantu pelanggan dalam mengambil terutama jika ada produk pesaing yang sejenis dan hampir mirip nilai manfaatnya. Dalam periklanan membantu keputusan pelanggan bisa bersifat cepat namun perlu pembangunan dan penguatan persuasi dari figur ideal (artis, tokoh masyarakat, intelek)  sehingga penentuan dari figur tersebut sangat penting.

Pada tulisan saya berikutnya akan saya perdalam mengenai unsur-unsur pemasaran langsung.

Sukses Selalu

Ipan Pranashakti KIP

Marketing Strategi Bisnis


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    7 Tanggapan to “Strategi Marketing : Perbedaann efektifitas pemasaran langsung dan pemasaran via media masa”

    1. david on March 18th, 2009 13:53

      Bang…
      minta artikel pemasarn langsung ya…
      tolong..
      ada tugas buat makalah ni

    2. arie on April 29th, 2009 16:16

      mas…..
      tlg dlngkapi lg artikel pemasarn lg sng
      krg lgkp klo buat tgs makalah

      Terimakasih. Memang sedari awal bentuk web ini memberikan ulasan yang ringan dan mudah dimengerti untuk orang awam.

      Tentu Jika untuk materi kuliah memang berbeda bahasa konsumsinya, karena lebih pragmatis. Dan web ini tidak mengarah kesana. Web ini lebih untuk para praktisi.

      Sekali lagi terimakasih.

      Sukses selalu

      Ipan Pranashakti KIP

    3. yuni on December 12th, 2009 15:53

      bg buatin 3 makalah tentang hasil penjualan
      1. jual coklat
      2. jual permen
      3. jual kue

    4. yuni on December 12th, 2009 15:55

      makasih ya pak sebelumnya
      kmi mgharapan balasan dari bapak

      terimakasih …………………………….

    5. binti on July 1st, 2010 09:26

      pak kasi semagat yaaa degan wira usaha ku

    6. diana on April 28th, 2011 07:23

      salam kenal, artikelnya bagus, sangat membantu saya dlm penyusunan TA, tp ada yg ingin saya tanyakan, apakah direct marketing masuk sbgai salaha satu bauran promosi, samakah direct marketing dgn direct selling?
      mohon jawabannya
      terima kasih

    7. Muchtar on May 22nd, 2012 22:15

      Om..
      Kalau pemasaran tidak langsung ada gak??
      Kalau ada, mohon penjelasannya ya om..
      Sekalian contohnya…
      Makasii..

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent



    3 − 1 =

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan