Toko Online : Hubungan Promosi Toko Online dan Facebook

Kepopuleran Facebook saat ini sedang tinggi, namun janganlah pertaruhkan semua kekuatan toko online di Facebook. Facebook memang media komunikasi yang memiliki memiliki  banyak penggemar saat ini, tidak kurang dari 500juta member. Namun perlu kita ingat bahwa situs pertemanan adalah media yang kemungkinan mengikat selain pelanggan juga pesaing sesama rantai bisnis toko online, sehingga perlu bijak menggunakan Facebook, karenaFacebook  hanya sebuah brand sekian banyak  jejaring sosial yang ada, yang bisa surut juga.  Nilai positif dari Facebook adalah komunikasi personalnya yang tinggi, sehingga fungsikan Facebook sebagai hubungan timbal balik, artinya ketika toko online anda berkomunikasi lebih bersifat korporat, maka Facebook sebagai personalisasinya. Wujud dari hubungan personalisasinya itu misalnya anda memberikan diskon khusus atau gift bagi pelanggan yang ulangtahun, atau misal menjelang lebaran, anda siapkan paket khusus member  toko online yang juga relasi atau penggemar di Facebook.

Jangan pertaruhakan kesemua kekuatan di Facebook, misal susunan harga katalog di Facebook. Hal ini akan mengurangi fungsi akurasi toko online anda, sehingga bisa saja harga yang terlanjur di posting di Facebook 2 hari lalu berbeda dengan harga di toko online saat ini. Sehingga posting-posting di Facebook hanya sebagai stimulasi personal agar semakin dekat dengan toko online dan semakin sering berkunjung ke toko online, jika ingin transaksi yah tetap melalui sistem shoping cart di toko online. Kenapa? Karena di Facebook memungkinkan orang lain berkomentar secara anarkis dan memang sengaja untuk menurunkan kredibilitas toko online anda dengan serangan-serangan kecil dan mudah, karena bisa saja pesaing berganti nama dalam Facebook untuk merusak citra dari pesaing, walau ini mungkin belum/jarang terjadi di saat ini, karena persaingan toko online belum pada taraf jenuh.

Dari sisi positif, Facebook  memberikan  kepastian profil dan data member, dan sembagai pengusaha yang jeli maka status-status dari member dapat menggambarkan perilaku dan kematangan pelanggan. Manfaatkan ini. Gunakanlah Aplikasi dalam facebook untuk memberikan kuisioner atau survey mungkin juga mini shop dalam Facebook, sebagai pengingat bagi member.

Facebook juga dapat untuk menguatkan informasi manajemen, tukar pengalaman, dan diskusi produk-produk, namun yang perlu diingat bahwa komunitas ini tentu bertujuan untuk saling menguntungkan, untuk itu jagalah hubungan baik dalam Facebook ini, sebagai budaya saling menghargai, karena kecenderungan emosi dan terbawa arus di Facebook yang layaknya hubungan  personal, sangat  tidak cocok jika muncul dalam komunitas pengusaha, misal olok-olokan atau penuh bahasa prokem.  Karena pertentangan sengit di diskusi group Facebook bisa terekam dalam waktu yang lama, dan dibaca banyak pihak. Hindari konfrontasi online, demi reputasi jangka panjang.

Tulisan menarik lainnya

Tentang penulis : Ipan Pranashakti

Praktisi bidang online marketing, marketing era digital, menekuni bidang online sejak 1998, Lebih dari 70 kali menjadi narasumber seminar/workshop/talkshow di berbagai kota di Indonesia, dengan lingkup materi Strategi menangkap peluang usaha offline dan online, Strategi Marketing, SEO, Social Media Optimization, Toko Online+Ecommerce, Netpreneur, Kewirausahaan. ------------------------------------------------------ Contact Person : 0815 787 22222 ( SMS Only) Email : ipan999@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.