Toko Online : Kenali Pelanggan Toko Online Anda

Ketika dahulu belum ada toko online dan rata-rata toko masih bersifat fisik, maka dengan mudah pemilik dan karyawan melihat pelanggan yang membeli di toko, kemudian menggelompokkan berdasat ciri fisik, misal lebih banyak anak SMA daripada anak-anak kecil, atau lebih banyak membeli dengan cash daripada auto debet.

Pertanyaan nya sekarang, dengan internet bagaimanakah anda mengenali pelanggan anda, termasuk pelanggan mana yang loyal dan pelanggan mana yang sekedar membeli sekali saja, dan tidak kembali lagi? Kesalahan pengusaha toko online selama ini, makna ”mengenal pelanggan” adalah sebatas profil saja, mulai dari nama, pekerjaan, alamat, no HP, padahal mengenal dalam kontek ini juga alasan bertransaksi, kapan biasanya membeli, dengan alasan apa memutuskan dan seberapa yakin dengan transaksi di toko online ini.

Dengan mengenali pelanggan maka bisa mengatur Toko Online agar selalu mendekati kepentingan dan kebutuhan pelanggan, misal updating produk setiap pagi, menawarkan harga khusus saat lebaran dan sebagainya

Manfaat dengan mengenali dengan baik pelanggan anda :

  1. Pelanggan toko online anda juga bisa bemanfaat sebagai “pemasar” toko online anda secara tidak langsung
  2. Hubungan toko online dengan pelanggan bukan lagi saling mempengaruhi untuk transaksi, tetapi saling memenuhi kebutuhan.
  3. Mudahnya menentukan langkah2 untuk membangun loyalitas pelanggan anda
  4. Menjadi kan pelanggan satu sebagai prospek untuk pelanggan lainnya yang sejaringan/komunitas/relasi
  5. Mudahnya menentukan media promosi yang tepat dari segala perbedaaan aktifitas pelanggan-pelanggan kita, karena mungkin saja pelanggan kita ada yang tidak bisa facebook atau yahoo messenger sedang kita menggunakan media itu. Konsetrasikan untuk repeat order
  6. Mudahnya memahami alat pembayaran atau bank yang paling memudahkan mereka untuk bertransaksi, misal sama2 menggunakan internet banking karena sama2 mudah dipantau setiap saat atau Paypal bagi pelanggan yang ternyata juga sering transaksi paypal karena sebagai pebisnis online

Sukses toko onlinenya — Ipan Pranashakti


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Satu tanggapan to “Toko Online : Kenali Pelanggan Toko Online Anda”

    1. Trina on September 18th, 2011 12:42

      Artikel yg sangat bermanfaat… mengingatkan sy bahwa pentingnya mengenali pelanggang toko online. Hal itu terkadang terlewatkan oleh sy… Thanks. Salam Kenal..

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan