Toko Online : Seberapa penting Diskon di Toko Online?

Web toko online tumbuh bak jamur yang bermunculan di mana-mana dengan keanekaragaman dan bentuk nya. Sehingga dari sisi masyarakat umum, untuk mendapat informasi produk semakin leluasa dan variatif. Namun dari sisi pemilik toko online ini justru mempersempit untuk mendominasi pasar, karena masing-masing pengusaha dengan toko online bermain dengan senjata andalan masing-masing dalam meraih transaksi. Dari sekian cara  yang sering dilakukan adalah banting harga. Banting harga bukan hal yang baik namun jika dalam momentum yang pas justru dapat meningkatkan laju perputaran modal dengan syarat;

  • Pertama, produk yang diberikan diskon adalah produk yang lama tidak terjual karena faktor harga.
  • Kedua diskon diberikan karena memang ada dugaan akan terjadi penurunan harga barang, sehingga untuk antisipasi kerugian, maka sedini mungkin di tawarkan ke pasar dengan harga menarik.
  • Ketiga, produk sudah menurun popularitasnya dan riskan akan ditinggalkan pelanggan.
  • Keempat, produk yang mempunyai batas waktu penyimpanan terbatas.

Diskon bukan solusi dari segala solusi marketing toko online, tetapi dari sanalah beberapa segmen  terjaringm terutama bagi mereka dengan uang yang sedang pas-pasan.

Diskon bisa saja dijadikan stimulasi, coba tengok ebay.com yang selalu memberikan stimulasi dalam diskon, setidaknya ini untuk menjadikan sitmulasi dari obrolan dari mulut ke mulut bagi masyarakat. Misal ada sekolompok mahasiwa ngobrol.

“Aduh aku mau beli modem internet nih, tapi duit kurang 50 ribu” kata seorang mahasiswa, kemudian mahasiswa lain membalas dengan jawaban “Coba deh tengok ke www.tokooooo.com di sana sering ada diskon, lumayan kan”

Contoh ini menggunakan mahasiswa karena kita tahu bahwa segmen toko online kadang tidak tergantung dari usia, tetapi seberapa sering menggunakan internet dan mempercayainya, jika sering ngumpul di komunitas maka kepercayaan terhadap toko online sudah sering dibahas, dan jika ada toko online nakal pun begitu cepat pula di bahas oleh mereka, termasuk jika ada sebuah produk anda DISKON nya sedang tinggi dari pada toko online yang lain.

Ingat DISKON sebagai “stimulasi” bukan ’emosi” karena pesaing selalu bermain banting harga, karena selain DISKON, standar dan kepastian  layanan juga kan diukur dalam persaingan toko online.


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan