Toko Online : Strategi memasarkan toko online bagi pemula

Tidak harus sebuah toko online memasang baliho besar dipinggir jalan. Selain mahal juga tidak cocok dengan perilaku pengguna media iklannya. Artinya bahwa jika anda pemilik bisnis kegiatan online maka sebaiknya menggunakan sistem promosi yang juga lebih di dominasi media online, karena pertumbuhan jumlah domain yang semakin tinggi hingga milyaran domain/subdomain maka semakin susah masyarakat menghafal domain satu persatu. Sehingga solusi efektif adalah lebih kepada meningkatkan teknik link building, untuk menguatkan kekuatan baik dengan meningkatkan submission di social bookmarking, direktori, atau komunitas market place. Tidak harus dengan membabi buta melakukan promosi di web iklan gratis, karena banyak web iklan gratis yang justru kunjungan dan efektifitasnya minimal, sekedar uji ada dan tanpa nilai bisnis yang pasti.

SEO (Search Engine Optimization) adalah bentuk rekonstruksi web agar toko online mudah ditemukan di search engine. Ini sangat penting karena, secara rata-rata toko online yang berhasil maka kunjungan webnya 85% dari hasil pencarian search engine, dan dari total pencarian, 76% masih didominasi Google di awal tahun 2009. Memang masih banyak yang belum menyadari manfaat SEO, namun sebagai pengusaha pemula, maka dengan SEO dapat menghemat biaya promosi yang luar biasa, bahkan mungkin bagi pemula lebih efektif dan efisien dari pada pasang iklan di situs yang menyediakan iklan beesistem  Pay per Click, Pay per Sale dan Pay per Lead.

Pertukaran banner, juga menjadi penting jika anda mempunyai jaringan pergaulan yang kuat, misal dalam posting forum online, dalam blog/dummy blog, dalam setiap email dan sebagainya.

Penting packing bagi promosi

Ketika beberapa waktu lalu penulis diundang di acara seminar bisnis online dan e-commerce, ternyata masih sebagian kecil yang mennfaatkan kemasaan dan pengiriman barang sebagai alat promosi. Padahal ini sangat strategis, karena bisa saja toko online anda ditemukan di Google, kemudian berlanjut transaksi dengan bukti berupa notofikasi di email, padahal kita tahu email biasanya akan terus kebawah sesuai desakan email baru. Nah dari sanalah harusnya membuat packing  kiriman barang dengan seinformatif mungkin dengan harapan nilai informasinya bisa masuk rumah pelanggan, dan mungkin bisa dibaca juga oleh saudara, teman-temannya tentang keberadaan toko online anda. Yang perlu diingat bahwa pentingnya  brosur profile atau produk yang selalu menyertai kiriman barang, karena dengan begini memacu repeat order dan mendidik pelanggan mengetahui akan koleksi produk-produk toko online lainnya, termasuk informasi kontak lainnnya ke toko online, dengan model SMS order misalnya. Semua ini daripada anda mengirimkan brosur secara terpisah ke pelanggan.

Harapan untuk pembaca

Pikirkanlah, ketika pelanggan mengganggap value dan kualitas layanan toko online lebih penting dari segalanya, maka harga bisa menjadi tidak begitu penting, apalagi selisih-selisih masih dalam batas pemikiran logis dari pelanggan. Selamat sukses dengan toko online Anda

Ipan Pranashakti


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    2 Tanggapan to “Toko Online : Strategi memasarkan toko online bagi pemula”

    1. Heri fausantosa on April 1st, 2013 14:38

      ok lah lah makasih atas informasinya, saya jadi tambah pengalaman bagaimana mengelola toko online itu, mnakasih banget dech

    2. Cepi Astri on June 23rd, 2013 11:26

      Saya sebagai pemula sangat terbantu oleh infonya..
      terimakasih banyak gan

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan