4 Tipe Pemasaran dengan Youtube

Pemasaran dengan Youtube

Pemasaran era digital, memiliki lebih dari 20 unsur  pemasaran. Salah satunya adalah pengunaan video, terpatnya web streaming, yaitu video yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun melalui internet. Saat ini yang menjadi favorit adalah menggunakan Youtube dan Instagram.  Pada tahun 2019, 80% lalu lintas di Internet  berasal  dari akses video, dan ini akan mendorong jumlah lalu lintas internet yang luar biasa, sehingga sebagai marketer, harusnya bisa memanfaatkan kondisi ini  untuk membantu mempromosikan merek Anda, dan tentu pada level peningkatan penjualan.

Banyak sekali kejadian, perusahaan kecil yang baru lahir, menggunakan pemasaran model  video di Youtube mampu menerobos benak konsumen dalam waktu yang singkat. Tentu lebih singkat daripada harus membagikan 10.000 brosur ke seluruh Indonesia.

Perusahaan besar skala internasional, bahkan sudah jatuh cinta dalam menggarap konsep pemasaran berbasis video ini.  Ambi contoh seperti perusahaan Walmart, perusahaan yang pernah dinobatkan sebagai perusahaan 5 besar dunia oleh  FORBES,  menghabiskan sekitar $ 600.000 untuk melakukan iklan di YouTube pada kuartal pertama tahun 2015, tentu pada akhir tahun, jumlahnya lebih menggila hingga lebih dari $ 2,5 juta.

Apa itu pemasaran YouTube?

Mebahas pemasaran menggunakan Youtube, harus ada titik temu dalam frekuensi  antara saya  dan Anda, salah satunya sepakat, bahwa Youtube hanya sarana, namun kreatifitas pemasaran, konten pemasaran, dan komunikasi pemasaran berbasis videonya lah yang akan menentukan .

Pemasaran YouTube merupakan  melemen dari  strategi dan taktik pemasaran  yang digunakan oleh pebisnis untuk menghasilkan uang, mengarahkan media dari Youtube ke web bisnis, mempopulerkan kesadaran merek produk, dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Pertama, pemasaran Youtube tipe soft selling

Soft selling adalah tipe pemasaran  yang tidak langsung mengajak orang untuk membeli produk, namun memberikan nilai-nilai kepada konsumen. Apa itu nilai pemasaran yang termuat dalam soft selling di Youtube? Antara lain : pemasaran konten di YouTube yang dirancang untuk memberikan pelajaran gratis, panduan gratis, penyadaran ilmu gratis, menyajikan hiburan gratis dan terakhir memberikan inspirasi gratis melalui Youtube.

Mungkin saja, dalam video durasi panjang di Youtube, hampir tidak mengajak audiens untuk membeli produk, namun hanya memberikanm visualisasi dalam video itu keberadaan produk-produk tertentu. Bahkan ada yang lebih “gila” dengan membuat video tanpa ada logo merek bisnis yang akan ditawarkan, karena mereka cukup menggunakan nama account Youtubenya dengan merek.

Sebuah contoh misal cara memasak aneka ragam resep masakan khas daerah di Indonesia, dan produk tertentu hanya diletakkan di lokasi praktek memasak, tanpa menyebut merek itu secara lisan.

Kedua, pemasaran Youtube tipe edukasi produk
Pemasaran  dengan Youtube, tipe  edukasi produk, lebih menekankan kepada  kesadaran masyarakat kan kondisi tertentu, sehingga perlu menggunakan produk tertentu.  Pemasaran Youtube tipe ini harus dikemas lebih lembut, tidak terlalu mengajak untuk membeli artinya tidak keliatan memaksa, namun lebih kepada persuasi, upaya-upaya membujuk. Struktur konten  video disusun, dengan lebih mempertajam nilai edukasi, sharing dan penyadaran kondisi.

Sebuah contoh, ada video tentang bahayanya MSG dalam masakan, yang akan dikonsumsi anak-anak. Dalam video digambarkan betapa perasa sistetis seperti MSG dapat memacu adanya penyakit tertentu.  Sehingga dalam video itu memberikan kesadaran, bahwa ada yang berbahaya namun juga ada solusi. Nah solusinya adalah produk dari merek yang kita promosikan, sekaligus detil alasan, kenapa tanpa MSG pun, makanan tetap akan disukai anak, dan anak terbebas dari resiko penyakit

Ketiga, pemasaran Youtube tipe hardselling
Pemasaran  dengan Youtube bertipe hardselling ini, sangat kental dengan penawaran produk. Bahkan mungkin menggunakan strategi  komunikasi pemasaran yang diskenario begitu rapi dan terstruktur. Misal sebuah video yang menggambarkan produk dari mobil keluarga, dengan teknologi  yang modern, fasilitas interior yang mutahir.  Pemasaran tipe ini, bisa menekankan tentang produk atau layanan untuk membidik pelanggan potensial  juga mempertajam dari sisi testimonial dari para pengguna.

Testimoni dari pengguna merupakan strategi ampuh untuk menarik minat pelanggan baru, karena dari pengguna, terjadi pengalaman yang alamiah, tidak terstruktur namun itulah yang dirasakan nyata oleh pengguna. Dalam pemasaran era digital, komentar pengguna, kesan pelanggan adalah senjata ampuh untuk meningkatkan kepercayaan di media online.

Keempat, pemasaran Youtube tipe Endorser
 Pemasaran dengan Youtube tipe endorser, biasnaya menekankan informasi tentang tokoh ternama, misal artis perempuan yang lagi kondang, dibuat video tentang kehidupan sehari-hari, dan di dalam durasi tertentu, akan muncul pesan khusus dari sang artis untuk menggunakn produk dari merek. Yah,  model seperti ini dirasa efektif selama memang tokoh/artis yang digunakan memilik banyak penggemar dan fans.

Masih ada sekitar 12 tipe pemasaran dengan pemanfaatan Youtube, namun kali  ini cukup beberapa point di atas. Semoga lain waktu bisa dilanjukan.Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.