Menyimak data statistik tahun 2012, berkenaan dengan deskripsi tahun 2011, cukup menarik bahwa saat ini perlu satu upaya agar masyarakat internet di Indonesia beralih dari pola tidak produktif menjadi produktif, bahkan menjadikan kesejahteraan semakin meningkat dari lautan peluang di dunia online
Ada beberapa catatan kecil yang cukup menarik, di simak untuk pijakan menentukan peluang usaha di 2014 dan tahun selanjutnya :
- Ada data kecil Akses Internet di Indonesia : 90% akses konsumtif seperti Facebook, menurut salah satu Dirjen,
- Secara rata-rata umum 86% perusahaan menggunakan internet untuk aktifitas bisnisnya
- Perusahaan yang memiliki website 39.35%
Skala Mikro 17.48%
Skala kecil 31.0%
Skala Menengah 46.67%
Skala Besar 78.16%
Dari data kecil ini maka beberapa peluang usaha yang bisa digarap dalam memulai usaha adalah :
- Edukasi dalam bidang dasar komputer
- Edukasi dalam bidang dasar internet
- Edukasi dalam bidang dasar pemanfaatan online untuk bisnis
- Edukasi pembangun media online berbagai tipe taktik marketing
- Edukasi berbagai sekolah bisnis online
- Edukasi penyeragaman pemahaman siswa , mahasiswa
- Edukasi penguatan lini penggunaan perangkat modern
- Pengawasan berbasis media online
- Peningkatan keamanan data dan media online
- Jasa pembuatan web berbasis marketing oriented, bukan IT oriented
- Jasa konsultasi media online dan sistem efisiensinya
- Penyedia perangkat media online dari hosting, modem, laptop, smartphone dll
- dll dll
Peluang bisnis online, memiliki kekuatan daya tarik disesuaikan dengan potensi seseorang, memang tidak semua bisnis online akan menarika dan akan sesuai untuk semua orang, hal ini karena potensi seseorang harus direlatifkan, tidak bisa disamakan semua orang