Tidak terlalu muluk2 kok jika pengusaha toko online itu memikirkan segmentasi dalam usahanya, jangan berpikir segmentasi itu sulit.

Tujuan segmentasi pasar adalah menyesuaikan kemampuan usaha toko online dengan kebutuhan sekelompok masyarakat agar timbul nilai komersial yang saling menguntungkan. Misal jika ada jualan obat rematik, obat sakit punggung, obat uban, tentu utamakan segmen orang tua, sehingga mulai dari brosur, desain, kalimat2nya memang untuk orangtua. Tidak salah jika anda bikin ribuan brosur lalu dibagi ke ribuan anak SMP dan SMA, itu tidak salah tetapi efektifitasnya rendah, sehingga sebaiknya memang ribuan brosur itu untuk orangtua, bisa di Kantor Taspen?Pensiun, rumah sakit  masyarakat menengah/Puskesmas, Joging Minggu pagi  dll. Ibarat kasarnya yg namanya segmentasi itu, tidak jika mau menjual mobil Jaguar atau Mercedez Benz dengan membagi brosur iklan ke SMP atau media sekolah SMP.

Segmentasi toko online

Agar segmentasi untuk toko online anda berhasil bisa dimulai dulu dari cara promosinya, walaupun seharusnya semua elemen sudah diarahakn ke segmentasi termasuk produk. Beberapa contoh :

  1. Promosilah dengan iklan ke media  yang sudah segmentif dahulu
  2. Misal anda sudah mengumpulakn penawaran iklan banner iklan di Majalah “Wanita Sukses Kita”  terjual 20.000,- eksemplar/bulan  dan Majalah “Indonesia Muda Jaya”  terjual 30.000,- eksemplar /bulan , mungkin dari  jumlah  terjualnya  Majalah “Indonesia Muda Jaya”
    lebih tinggi dari pada Majalah “Wanita Sukses Kita” , tetapi ingat majalah “Indonesia Muda Jaya” segmennya masih umum, dan Majalah “Wanita Sukses Kita” segmennya sudah  jelas perempuan khususnya wanita karir dan feminin. Sehingga Majalah “Wanita Sukses Kita” lebih tepat
  3. Gunakan kalimat  sesuai dengan  yang dituju, misal untuk orang tua tentu dengan kalimat yang runtut tidka main singkatan dan perumpamaan yang tidak jelas
  4. Karakter huruf jika untuk orang tua memilih font  minimal ukuran 12 adalah pilihan terbaik, karena memamg secara umum daya tangkap penglihatan mulai berkurang
  5. Layanan konsultasi jangan semua diarahkan ke Yahoo Mesengger (YM) saja, karena bisa saja tidak semua faham menggunankan YM.

Segmentasi dalam toko online bermanfaat antara lain :

  1. Efektifas promosi,  karena segmen yang beda didekati dengan cara yang berbeda
  2. Bisa menghemat karena memfokuskan dulu untuk menggarap segmen yang mana, pasar yang mana
  3. Beda segmen bisa dipengaruhi dengan  media promosi yang beda, ada banner detik.com, banner republika.com atau portal berita khusus wanita
  4. Bisa diukur apa yang paling dibutuhkan dari masing-masing segmen, bisa dengan cara sampel saat kontak pembelian di toko online
  5. Menentukan cara kirim barang yang efektif, mau murah, mau cepat atau yang berasuransi

Catatan : Segmentasi di dunia online berbeda dengan offline.
— Ipan Pranashakti —