Waralaba menjadi booming saat ini dengan peluang usaha yang ditawarkan cukup beragam  mulai makanan kecil hingga jual beli property. Sebenarnya waralaba membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat karena dengan harga  kerjasama yang lebih  terjangkau untuk umum dengan segala sistem +manajmen yang baik, daripada harus ekperimen sendiri di pasar yang tidak jelas. Namun saat ini menjadi eforia, sehingga semua produk ingin diwaralabakan.

Mungkin anda ingin memahami sekilas dalam memasarkan waralaba :

1. Posisi usaha dan legalitas anda

Ini menjadi bidikan awal karena waralaba adalah sistem yang dilindungi pemerintah sehingga aktifitasnya sangat diatur dengan perundangan. Siapkan informasi  legalitas dengan jelas termasuk keamaanan dari duplikasi secara hukum. Termasuk nantinya kemampuan membantu/dukungan perizinan ke berbagai wilayah.

2. Kekuatan dari waralaba dan kisah sukses usaha

Dalam menawarkan waralaba tentu tidak hanya produknya yang mungkin menjual, tetapi tentu didukung oleh Owner dan konsultasn internal yang  berkualitas, sehingga dapat terus memonitor perkembangan  di wilayah-wilayah. Kekuatan dan gambaran sukses dari pelaku-pelakunya. Juga mungkin adanya sertifikasi Halal, BPOM (Makanan), Sertifikasi ISO (Pelatihan/Lembaga Training) dll

3. Keunggulan Produk dan peluang waralaba

Karena sebagai  daya saing harus menunjukkan  apa yang dijual maka produk/jasa anda harus dijelaskan secara detil termasuk  keunggulan dan kelebihan , jika perlu diferensiasinya di kemas sebaik mungkin.  Mungkin produk anda adalah inovasi dari para pakar atau anda sendiri maka perlu dijelaskan secara persuasif. Jika makanan maka bahan-bahan dan kemudahan penggunaan bahan juga perlu.

4. Sistem Waralaba  yang unggul

Kunci utama waralaba adalah sistem, bukan brand saja. Sehingga sistem kerjasama, marketing, distribusi, pelatihan dan pendampingan harus disampaikan secara jelas dan menghindari dari segala perbedaan persepsi. Sistem ini bukti adanya Value Added selain produkl/jasa yang ditawarkan.

5. Brand Waralaba

Identitas paling berharga dalam persaingan adalah Brand. Sehingg perlu disampaikan bahwa Brandnya sudah cukup kuat dan atau sedang dibangun dengan sistematis.  Termasuk Hak Patent, Merek dll

6. Pelatihan dan Pendampingan

Kejelasan sistem pelatihan dan pedampingan sangat penting karena disinilah fungsi kerjasama itu dibentuk sebagai saling menguntungkan. Sehingga dengan pelatihan maka  lini depan dan pusat mempunyai standar dan produk yang seragam + konsisten di berbagai  wilayah.

7. Prospektus & Rencana Keuntungan Waralaba

Sebagai gambaran dalam waralaba perlu disusun prospektus. Hal ini sebagai bentuk prediksi dan peluang uang akan dibidik dengan perhitungan yang matang dan tersistem.  Biasanya disampaikan dalam gambaran estimasi dan jangka waktu perputaran modal (waktu balik modal). Kemudian gambaran sasaran pasar yang akan dibidik. Hubungan paket yang ditawarkan dengan keuntungan yang direncanakan.

8. Surat Kontrak dan Formulir

Sebagai penguatan aspek hukum dan kerjasama paska kontrak perlu disiapkan formulir sebagai bentuk monitoring kerjasama juga untuk layanan. Surat kontrak menunjukkan posisi tawar, atau dengan kata lain Surat Kontrak merupakan daya tarik tersendiri jika berisi hal-hal yang benar-benar saling menguntungkan

Selamat menyiapkan semua aspek pemasaran waralaba.  Sukses  — Ipan Pranashakti

————————————————————————————
Download Undang-undang Waralaba dan Kontrak Waralaba
————————————————————————————