Bisnis Web : Pentingnya mengenali calon pelanggan atau pelanggan tetap (Seri 1)

Harapan terbesar yang mengarah win win solution dalam bidang web salah satunya adalah terpuaskannya pelanggan atas hasil pengerjaan web sekaligus terpuaskannya  pembuat atau pengembang web termasuk kepuasan salary atau honor yang diterima. Titik temu dari 2 kepentingan tidak akan muncul kalo pengembang web tidak pernah memahami sejauh mana sebenernya harapan pelanggan dan pengetahuan pelanggan akan sebuah internet utamanya web.

Secara umum calon pelanggan atau pelanggan anda mempunyai pola pikir  dan anggapan terhadap internet ada beberapa hal:

  1. Internet sebagai media promosi yang murah dan efektif
  2. Internet sebagai media pengiriman data dan surat-menyurat
  3. Internet sebagai media pembayaran online
  4. Internet sebagai  toko virtual atau penjualan online
  5. Internet sebagai pusat berita dan informasi palin aktual
  6. Internet sebagai media prestisius mendukung eksistensi reputasi (artis, konsultan)
  7. Internet sebagai media iklan yang persuasif
  8. Internet sebagai media layanan khusus pelanggan dan support
  9. Internet sebagai alat monitoring dan evaluasi organisasi/usaha jarak jauh
  10. Internet sebagai media pembelajaran dan pendidikan
  11. Internet sebagai forum diskusi, pergaulan, atau komunitas
  12. Internet sebagai media pendukung akuntabilitas publik

Menghadapi beraneka ragam pemahaman masyarakat tersebut dapat dijadikan Studi Kelayakan Promosi sehingga penentuan alat atau media pendekatan ke konsumen tidak salah sasaran, biaya promosi minim dengan hasil yang optimal, karena kita mengetahui dengan siapa kita berhadapan di masyarakat yang maha luas. Pengusaha web pun dapat menentukan bahasa atau metode diplomasinya ke calon pelanggan atau pelanggan tetap

Selanjutnya sebagai manajer mungkin anda dapat menggunakan informasi-informasi tentang pelanggan anda untuk menentukan :

  1. Proposal dan ketajaman dasar pemikiran proposal
  2. Penentuan fitur website dan perangkat yang mendukungnya
  3. Penentuan karakter desain selanjutnya didelegasikan kepada desainer
  4. Program atau tools  yang digunakan (HTML, ASP, PHP, JSP, MySQL, Oracle, Access, security system) karena semua itu dapat diketahu dari kesiapan dana dan siapa pengujung webnya kelak
  5. Penentuan harga (pelanggan yang mempunyai harapan terlalu tinggi tentu aakan dikenakan tariff yang aman yaitu sedikit lebih tinggi)
  6. Bentuk layanan eklusifnya selain layanan reguler
  7. Penentuan lokasi server dan pilihan biaya pemeliharaan tahun-tahun mendatang. (Tentunya kalo ingin web di kenali dengan baik oleh Google maka Data Center  jangan yang di IIX/Indonesia

Sehingga kalo suatu saat anda didatangi calon pelanggan yang ingin biaya minim dan ingin punya web yang mudah di Crawl+Spider Google tentunya pilih yang Server PHP di USA atau Inggris, setidaknya Hosting di Server Singapore. Jangan pake Server Windows dan di IIX/Indonesia.

Tulisan menarik lainnya

Tentang penulis : Ipan Pranashakti

Praktisi bidang online marketing, marketing era digital, menekuni bidang online sejak 1998, Lebih dari 70 kali menjadi narasumber seminar/workshop/talkshow di berbagai kota di Indonesia, dengan lingkup materi Strategi menangkap peluang usaha offline dan online, Strategi Marketing, SEO, Social Media Optimization, Toko Online+Ecommerce, Netpreneur, Kewirausahaan. ------------------------------------------------------ Contact Person : 0815 787 22222 ( SMS Only) Email : ipan999@yahoo.com

1 Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.