Mendirikan usaha toko online memang banyak strateginya, ada yang memang siap dengan dana lebih besar di dana, lebih besar waktu, lebih besar di jaringan supplier, ada yang siap dengan bekal IT nya.

Kadang bagi pemula terjebak pola pikir bahwa harus selalu untung banyak di 3 bulan pertama menekuni bisnis toko online, padahal sejatinya tidak harus seperti itu, syukur2 bisa menguatkan mindset dahulu bahwa 3 bulan pertama sebaiknya fokus kepada penguatan aspek brand, customer experience dan perbaikan layanan internal, detilnya sebagai berikut :

Namun semua itu perlu diawali dengan adanya sebuah pola pikir dalam memajukan toko online :

  1. Pada 3 bulan pertama, fokus kepada kesadaran masyarakat adanya toko online ini, sebagai brand
  2. Pada 3 bulan pertama, fokus kepada customer experience, artinya berikan bukti dulu kepada pelanggan atas kredibilitas toko online anda, agar ada pengalaman yg indah untuk menjadi bibit dan embrio promosi  mulut ke mulut
  3. Pada 3 bulan pertama toko online Anda tingkatkan kunjungan ke web dengan berbagai cara, bisa SEO, bisa Social Media, banner di web lain, bisa ke even2 offline dan sponsorship. Intinya 3 bulan pertama fokus kepada visitor
  4. Pada 3 bulan pertama kuatkan perbaikan internal usaha, sehingga  irama manajemen internal semakin kelihatan dan tampak makin rapi dan solid, bahwa tidak semua sadar bahwa toko online memiliki karakteristik pelanggan yang semakin komplek, misal adannya pelanggan yang masih ragu dengan toko onlinenya, masih ragu kualitas prouknya karena memang tidak bisa dipegang dengan tangan untuk produk2 tersebut.
  5. Pada 3 bulan pertama akan kelihatan mana produk yang efektif untuk dijual dan ternyata tidak efketif alias kurang diminati dan modal tidak berputar
  6. Pada 3 bulan pertama kita akan tahu karakter pada supplier kita, sehingga keseimbangan melayani pembeli online akan diimbangi oleh kesadaran akan kehandalan para suppplier toko online

Sukses toko onlinenya, akan saya tulis terus materi2 toko online ini, semoga bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar.