Jika banyak berpikir web bisnis perusahaan dan UKM hanya berkutat soal server, hosting, domain dan web programing maka itu hanya soal teknis, sedangkan kualitas dari web itu sendiri juga dipangaruhi dari estetika dan seni. Ini perlu dipahami agar para perusahaan:

  1. Web bisnis memiliki karakter
  2. web bisnis memiliki ciri khas
  3. Web bisnis memiliki persuasi
  4. web bisnis memiliki selera yang sesuai pasar
  5. web bisnis memiliki kekuatan jurnalistik online
  6. Web bisnis memiliki daya tarik dari sisi tampilan
  7. Web bisnis memiliki unsur nilai tambah dari informasi dan navigasi yang kuat.

 

Sehingga bukan persoalan menggunakan Joomla dan WordPress yang gratis tetapi juga ada nilai seni yang tidak ternilai, membutuhkan instuisi dan naluri, itu yang membuat web bisnis bisa menjadi sangat mahal.

Seperti air putih yg free, namu jaminan kesehatan dan higienitasnyalah yang mahal, sehingga muncul air mineral dalkam kemasan.

Di sisi lain web bisnis karakter desain juga in line dengan media lain yng mungkin dalam bentuk cetakan/offset.