Harga Psikologis, tidak melulu karena produk

Begitu diluncurkan Blackberry versi baru, belum menyentuhnya pun kadang ada yang sudah ingin membeli karena memiliki anggapan pasti lebih baik. begitu diluncurkan mobil versi terbaru/pengembangan produk lama dan lebih  mahal ada yang berpikir pastilah lebih nyaman.  Nah inilah kadang psikologi harga kadang membuat konsumen memahami harga lebih tinggi berarti seakan-akan segalanya lebih baik, Honda juga sering meluncurkan produk seperti ini, mulai dari Astrea Grand, Impressa, Legenda, Supra, Revo dan seterusnya, kira-kiara ada faktor psikologis konsumen yang dimanfaatkan tidak oleh produsen? Banyak yan berpikir seri baru pasti lebih baik, walau secara fisik nyaris sama, hanya stiker yang berbeda.. namun selera keinginan membelinya berbeda. itu bukti bahwa produk secara fisik tidak terlalu menjadi ukuran harga, barang sama dimodifikasi striping saja, bisa naik sekian ratus ribu dan orang tetap mau membeli, serti dinaikkan juga mau membeli meski harga naik tinggi, bahkan seri ditambahi kode XX yang artinya Extreme /Extra pun masih berminat..

Yah dorongan ini sering timbul dari konsumen karena dorongan harga psikologis, padahal sebenernya memang kenaikan harga itu karena ditingkatkannya biaya iklan, variasi biaya iklan, bukan pada produk fisik itu sendiri., bahkan dengan pendekatan  berbebtuk pengaruh/komunikasi pemasaran yang berbeda, harga bisa jauh lebih tinggi dari seri sebelumnya walau 99% sama produknya.

KOnsumen tidak semuanya langsung mengukur kenaikan harga berbanding lurus dengan  kenaikan kualitas secara riil, tidak selamanya membandingkan lini per lini, mungkin karena faktor persepsi di benaknya saja yang mendorongnya, lebih kepada seakan lebih baik karena
“baru”/.keluaran terbaru.

Nah itu pulalah yang bisa kita lakukan untuk mendorong produk Anda agar omzet bisa membaik, sering ada contoh ditulis Produk “NEW” atau peningkatan seri  dari  seri CONTOH 100, menjadi Contoh 100 XX, menjadi Contoh 100 RR, kode belakang ini bisa memacu psikologis.  Silahkan jika Anda mempunyai produk, setiap penyempurnaan, khabari pelanggan dengan komunikasi yang baik, mungkin iklan, agar mereka mengerti bahwa ada upaya penyempurnaan, meksi itu kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *