• Home
  • Profil Ipan Pranashakti
  • Konsultasi & Narasumber
Ipan Pranashakti - Pemasaran Media Online Strategi Marketing Peluang Bisnis
  • Bisnis
  • Marketing
  • Kewirausahaan
  • Peluang
  • Mentoring
  • Internet
Pilih Laman

Marketing : 4 tugas tim marketing berkenaan brand

oleh Ipan Pranashakti | Marketing | 0 Komentar

Zaman dahulu kala, terutama di tahun 1935, marketing masih identik dengan Penjualan, namun marketing di tahun 2012 sudah sangat berbeda makna, bahkan tidak bisa identik dengan penjualan, karena sudah sangat luas.
Salah satu dari sekian fungsi dan tugas Tim Marketing adalah brand building, nah dalam tulisan ini akan disampaikan kira-kira apa saja tugas dari tim marketing berkenaan brand perusahaan tersebut :
  1. Menciptakan persepsi yang akan “dikirim” ke konsumen, kemasannya harus tepat sesuai segmen dan target audiencenya. Ini berhubungan dengan pola berkelanjutan, bisa per tahun bisa per triwulanan, dengan tujuan semakin kuatnya Persepsi positif di benak konsumen.
  2. Menjaga agar ada konsistensi, sehingga pendekatan kepada konsumen yang dilakukan terjaga standarisasinya sebagai upaya konsistenis misal setidaknya dalam semua even, promosi, sponsorship mengusung atibut brand yang benar, seperti logo dengan warna dan bentuk proporsional, penempatan logo yg tepat, keharusan ada tagline atau by line, adanya template untuk setiap mendia iklan, agar terjadi karakter yg jelas disetiap media iklan.
  3. Melindungi, jika ada yang mengungkapkan/menjatuhkan brand Anda baik dari pihak umum atau strategi persaingan, maka berusahalah ciptakan benteng agar mampu dengan cepat melindungi persepsi di pasarnya dengan berbagai antisipasi, agar tidak bergejolak, di Indonesia ini juga berkenaan ketika ada PESAWAT  TERBANG JATUH, maka Public Relation dari perusahaan penerbangan akan mengadakan PRESS CONFERENCE dg media-media, untuk memberikan penjelasam, walau dari sisi marketing itu adalah upaya untuk menyeimbangkan dan meluruskan “liar”nya berita-berita dari berbagai pihak
  4. Menaikkan citra merek, ini adalah tugas yang harus terukur, progresif dan direncanakan dengan matang, dengan berusaha menggunakan potensi internal perusahaan dan ekternal, termasuk analisa persaingan dan gerakan pesaing. Agar tepat dalam membangun aktifitas dan efektif dalam menentukan taktik.

Sehingga jika pun selama ini masih kategori UKM dan UMKM, tidak masalah namun setidaknya memang 4 tugas itu terus dilakukan agar menjadi kekuatan, walau perlahan. Terutama jika Anda ingin maju, meski saat ini All Arround, ,menangani dari produksi, promosi, dll total masih sendirian.

Atau setidaknya ada Job Description untuk tim marketing yang berisi diantaranya adalah 4 tugas di atas, atau jika tidak maka bisa menggunakan nya dalam perencanaan marketing (marketing plan)

Kirim Komentar

Anda harus masuk untuk berkomentar.

Permohonan narasumber workshop seminar bisnis marketing online

Narasumber Trainer Bisnis Kementerian Perindustrian

Narasumber Trainer Bisnis Kementerian Perindustrian

Narasumber Binis STAIN Kediri

Narasumber Binis STAIN Kediri

Narasumber Binis STAIN Kediri

Narasumber Webometrics World Class University Universitas Muhammadiyah Palembang

Narasumber Seminar Cyber World as Money Machine

Narasumber Universitas Muhammadiya Semarang

Trainer untuk Coach Bisnis

Narasumber Kewirausahaan STIKOM Surabaya

Narasumber Seminar Bisnis Malang

Ipan Pranashakti. Keliling Indonesia dan Sharing Bersama. Maju Bersama. Diskusi & Narasumber via email