Dalam promosi yang gencar dan terstruktur rapi maka biasanya ada perencaaan yang matang dan disesuaikan dengan segmen, agar promosi menjadi efektif dan sesuai sasaran. Selain media yang gunakan maka substansi atau materi dari iklan harus ditentukan dengan baik.
Hal ini lah yang kadang perlu diskusi strategis antara marketing, produksi, PR dan keuangan. Namun jika anda seorang pengusaha yang mempunyai kewenangan penuh terhadap bidang-bidang di atas,maka akan lebih mudah dalam menentukan substansi dari bentuk-bentuk promosi. Setidaknya ada 5 bentuk substansi :
- Produk : sampel gratis, beli satu dapat dua, beli 10 gratis 1, simulasi dan percobaan gratis, voucer produk gratis, voucer layanan gratis, tukar tambah produk merek lain
- Material/uang ; diskon, voucer potongan harga, harga grosir (harus benar2 grosir yah!), cicil 2-3 kali tanpa bunga, bayar mundur setelah gajian,
- Kepuasan layanan ; garansi diperpanjang, jaminan replace, hadiah , service gratis (tanpa beli dulu)
- Prestasi . Sertifkat ISO, Penerima Award, rekor MURI, SDM Berprestasi, Inovasi Teknologi Internasional,
- Pengakuan : Sertifikat Halal, Izin Usaha lengkap+spesifik, Patner perusahaan besar, penjualan tertinggi, penjualan tercepat
Semua di atas masih bersifat strategis, dalam prakteknya bisa lebih ke arah teknis sesuai dengan usaha Anda. Selamat promosi dan sukses selalu.
Ipan Pranashakti