E-commerce tidak sama dengan tok o online. Toko online hanya sebagian dari E-commerce, karena secara prinsip E-commerce adalah segala hal yang bisa di komersialkan secara elektronik, jualan buku, e-book, jualan member biro jodoh, toko online, katalog online, konsultasi online berbayar, pelatihan online, semua itu termasuk e-commerce.
Lalu apa yang harus ada untuk meningkatkan kualitas e-commerce anda, setidaknya ada 7 hal sbb:
- Berikan alasan untuk menggunakan produk anda, gambarkan manfaat untuk pelanggan, berikan testimoni yang mewakili masing-masing segmen pembli yang dituju, misal orangtua, oarnag kantoran, anak muda dll
- Tawarkan jalur akses untuk Customer service dari pilihan akses tersulit hingga yang termudah dan termurah.
- Orang Indonesia masih suka dengan simbol diskon, potongan harga
- Tawarkan banyak alat pembayaran yang mudah dan aman. Katakan : Support untuk internet banking dan paypal, jika memang ada. Berikan kemudahan konfirmasi pembayaran, jangan dalam bentuk isi form yang berbelit2.
- Lihatlah web dari pesaing anda dengan rutin, lihat agresi promosi dan peningkatan layanannya/produk, ambil manfaatnya
- Berikan ruang keluhan, kritik saran yang sangat mudah digunakan dan mudah diterima dengan cepat, sebelum masalah semakin lebar.
- Jadilah sosok pengusaha e-commerce yang selalu dapat memberikan kejutan positif.
Demikian singkatnya untuk unsur Marketingnya E-commerce, sukses selalu
Ipan Pranashakti