E-commerce tidak sama dengan tok o online. Toko online hanya sebagian dari E-commerce, karena secara prinsip E-commerce adalah segala hal yang bisa di komersialkan secara elektronik, jualan buku, e-book, jualan member biro jodoh, toko online, katalog online, konsultasi online berbayar, pelatihan online, semua itu termasuk e-commerce.

Lalu apa yang harus ada untuk meningkatkan kualitas e-commerce anda, setidaknya ada 7 hal  sbb:

  1. Berikan alasan untuk menggunakan produk anda, gambarkan manfaat untuk pelanggan, berikan testimoni yang mewakili masing-masing segmen pembli yang dituju, misal orangtua, oarnag kantoran, anak muda dll
  2. Tawarkan jalur akses untuk Customer service dari pilihan akses tersulit hingga yang termudah dan termurah.
  3. Orang Indonesia masih suka dengan simbol diskon, potongan harga
  4. Tawarkan banyak alat pembayaran yang mudah dan aman. Katakan : Support untuk internet banking dan paypal, jika memang ada. Berikan kemudahan konfirmasi pembayaran, jangan dalam bentuk isi form yang berbelit2.
  5. Lihatlah web dari pesaing anda dengan rutin, lihat agresi promosi dan peningkatan layanannya/produk, ambil manfaatnya
  6. Berikan ruang keluhan, kritik saran yang sangat mudah digunakan dan mudah diterima dengan cepat, sebelum masalah semakin lebar.
  7. Jadilah sosok pengusaha e-commerce yang selalu dapat memberikan kejutan positif.

Demikian singkatnya untuk unsur Marketingnya  E-commerce, sukses selalu

Ipan Pranashakti