Dalam beberapa momentum penting, kadang Media Masa melalui agen iklannya menawarkan iklan bersama, misal saat lebaran. Nah bagaimana sih melihat fenomena ini, apakah iklan bersama efektif?
Nah apa sih manfaatnya dengan berpartisipasi dalam iklan bersama, bentuknya kadang iklan komparatif, berbarengan dengan merek-merek lain baik merek terkenal atau pun tidak sama sekali, yang jelas biasanya tarif iklan lebih murah. Berikut secara singkat manfaat iklan bersama :
- Akan mendapatkan perhatian lebih tinggi, jika merek di samping kita populer
- Akan meningkatkan kesadaran merek bagi umum
- Akan meningkatkan persepsi kepedulian
- Akan meningkatkan ingatan dan penyegaran ingatan konsumen
Namun selain iklan bersama memiliki kelebihan juga memiliki kelemahan :
- Kualitas desain dan tampilan akan langsung bersaing dengan brand2 lain yg kadang tak terduga desainnya
- Jika iklan bersama dalam porsi ratusan iklan maka posisi kita semakin terbagi dari MENGINGAT yg lain
- Belum tentu segara meningkatan penjualan, karena memang bisa berdampak jangka panjang, bergantung pendekatan iklan kitalah
Tipsnya (berdasar dari pengalaman saja)
- Tanyakan berapa Quota iklan baik dimensi lebar panjangan dan jumlah brand yag ada
- Brand apa saja yang masuk (jangan2 pesaing utama kita juga disana, maka perlu membangun KEUNIKAN)
- Hari dan tanggal muat itu valid tidak? apa masih dalam rencana atau sudah di booking? ini ukuran efektifitas, karena kadang SPACE di KORan dipesan PERUSAHAAN RAKSASA/INSTANSI KENEGARAAN secara tiba2 jika momentum mendadak, seperti BERITA LELAYU PEJABAT NEGARA, UCAPANNYA dll
- Jumlah pembaca koran, ini beda dengan jumlah OPLAH CETAK KORAN< angka yang berbeda, karena 1 keluarga isi 5 biasanya pesan koran cm 1 lembar, sehingga beda antara oplah dan pembaca..
Semoga bisa memanfaatkan iklan bersama ini.