Jika kita melihat perkembangan teknologi saat ini terutama untuk desain dan media cetak, mungkin kita cukup kagum terutama saat ini juga mempengaruhi dalam bidang pembuatan kemasan, kualitas kemasan mengalami peningkatan yang sangat berarti, ini harus disikapi menjadi nilai p0sitif terutama dalam peningkatan penjualan dan kemajuan branding.
Nah untuk memperdalam dari sisi manfaat kemasan ada beberapa hal yang perlu di ketahui, namun ini berangkat dari survey kepada konsumen, apa yang paling penting, paling menarik bagi konsumen. Agar manfaatnya tidak sekedar membungkus…
Nah dari kacamata konsumen ada beberapa hal yang menjadi penting :
- Kemasan unik, menjadi incaran banyak konsumen. Karena kemasan memiliki kekuatan pembeda yang ini adalah keunggulan.
- Mudah dikenal –> lokalisir, dengan bahasa negara setempat misalnya Indonesia, English dll
- Sangat mudah diingat –> sebaiknya jangan mudah gonta ganti kemasan, desain jgn rumit2
- Mudah dilihat —> jelas huruf, gambar produk, dan bentuknya
- Cocok dan sesuai dengan isinya
- Karakter emosional –> perasaan yang berekpresi, dengan kemasan maka konsumen merasa di hargai, merasa istimewa, merasa layak membelinya, merasa cocok, merasa lebih presitisius, merasa ini bagian dari style, lebih Percaya diri, lebih nyaman dll
Memang kemasan akan menjadi ujung tombak, bahkan pun ketika mereka belum mengenal perusahaan kita, sebagai catatan yang penting ketika Anda ingin mendesain jangan abaikan beberapa hal yang menurut konsumen adalah penting agar sesuatu yang terus bisa diingat di benak konsumen.
Banyak jasa desain kemasan di Indonesia, menawarkan bentuk kemasan, produksi, dan sebagainya, namun persoalannya bukan pada keahlian desain saja (mahir corel, photosop, AI dll) tetapi juga kepada “kesesuaian harapan” dengan konsumen, agar rela mengeluarkan uang untuk membelinya, karena bungkus yang baik juga sebagai iklan
– itu kenapa kemasan cat (galon cat tembok dll, minuman dll di desain agar bisa digunakan untuk kepentingan lain setelah dipakai, agar bisa beriklan juga toh…