Ada sekitar 30an metode promosi di era sekarang, yang sudah saya susun dalam bentuk materi presentasi, baik dalam jalur offline atau  online,  nah jika dingat-ingat memang koran harian menjadi media promosi yang tidak pernah sepi oleh iklan. Kenapa tidak pernah sepi? Karena perusahaan sering mengulang-ulang iklan di koran. Kenapa diulang-ulang?

Karena rahasia besar iklan di koran adalah:

“Cepat boombing/hot tapi juga cepat kuno/layu”

Ambil contoh, suatu hari mungkin Anda membaca iklan koran berkenaan Blackbbery yang diskon 20% dari sebuah counter baru.. Kemudian Anda mencoba tengok tanggalnya, ternyata sudah 7 hari yg lalu, mungkin Anda langsung bergumam sbb :

“Ah sudah lama banget, masih gank yah diskonnya?”
“Aduh terklambat, sudah seminggu iklannya”

Sehingga memang dalam mengemas iklan di koran perlu sebuah kecerdasan tersendiri dalam menyusun pesan dalam iklannya, dengan tujuan

  1. Iklan menarik dari pada iklan di sekitarnya, pada halaman yang sama
  2. Iklan yang merangsang pembaca segera bertindak
  3. Iklan yang efektif, artinya tidak hanya sebagai pelengkap/hiasan koran, dengan konten sama terus betahun2
  4. Iklan yang menyadarkan bahwa ada informasi yang tidak diketahui oleh pelanggan
  5. Iklan yang menarik pelanggan untuk mengakes media lain dari brand tersebut, misal ke web, twitter agar kontinyu kontaknya
  6. dll dll

Iklan koran memang cepat tersampaikan ke audience dengan cepat dan cepat  hangat2, tapi jik kita tidak kreatif, maka iklan kita menjadi diragukan pembaca, apakah masih berjalan program/penawarannya, karena memang orang selalu mengaitkan l iklan di koran dengan tanggal dimuatnya. Beda ketika di online, tidak begiru melekat dengan tanggal.

Tapi memang ada beberapa metode agar prmosi d koran tidak cepat kuno, tetap fresh walau koran itu sudah  3 bulanan, dan mungkin sudah dipotong2 untuk menjadi bungkus lotek, bungkus ketoprak bahkan membacanya pun dari bungkus2 tersebut. Sampai ketemu di pemaparan saya berkenaan Strategi Promosi di koran.