Ada sekitar 30an metode promosi di era sekarang, yang sudah saya susun dalam bentuk materi presentasi, baik dalam jalur offline atau online, nah jika dingat-ingat memang koran harian menjadi media promosi yang tidak pernah sepi oleh iklan. Kenapa tidak pernah sepi? Karena perusahaan sering mengulang-ulang iklan di koran. Kenapa diulang-ulang?
Karena rahasia besar iklan di koran adalah:
“Cepat boombing/hot tapi juga cepat kuno/layu”
Ambil contoh, suatu hari mungkin Anda membaca iklan koran berkenaan Blackbbery yang diskon 20% dari sebuah counter baru.. Kemudian Anda mencoba tengok tanggalnya, ternyata sudah 7 hari yg lalu, mungkin Anda langsung bergumam sbb :
“Ah sudah lama banget, masih gank yah diskonnya?”
“Aduh terklambat, sudah seminggu iklannya”
Sehingga memang dalam mengemas iklan di koran perlu sebuah kecerdasan tersendiri dalam menyusun pesan dalam iklannya, dengan tujuan
- Iklan menarik dari pada iklan di sekitarnya, pada halaman yang sama
- Iklan yang merangsang pembaca segera bertindak
- Iklan yang efektif, artinya tidak hanya sebagai pelengkap/hiasan koran, dengan konten sama terus betahun2
- Iklan yang menyadarkan bahwa ada informasi yang tidak diketahui oleh pelanggan
- Iklan yang menarik pelanggan untuk mengakes media lain dari brand tersebut, misal ke web, twitter agar kontinyu kontaknya
- dll dll
Iklan koran memang cepat tersampaikan ke audience dengan cepat dan cepat hangat2, tapi jik kita tidak kreatif, maka iklan kita menjadi diragukan pembaca, apakah masih berjalan program/penawarannya, karena memang orang selalu mengaitkan l iklan di koran dengan tanggal dimuatnya. Beda ketika di online, tidak begiru melekat dengan tanggal.
Tapi memang ada beberapa metode agar prmosi d koran tidak cepat kuno, tetap fresh walau koran itu sudah 3 bulanan, dan mungkin sudah dipotong2 untuk menjadi bungkus lotek, bungkus ketoprak bahkan membacanya pun dari bungkus2 tersebut. Sampai ketemu di pemaparan saya berkenaan Strategi Promosi di koran.