Ipan Pranashakti - Pemasaran Media Online Strategi Marketing Peluang Bisnis
  • Bisnis
  • Marketing
  • Kewirausahaan
  • Peluang Bisnis
  • Mentoring Bisnis
  • Internet
  • Konsultasi
Pilih Laman

Marketing : 3 Hal yang harus diperhatikan dalam periklanan

oleh Ipan Pranashakti | Okt 20, 2010 | Marketing | 0 Komentar

Ketika saya mengisi sebuah workshop di Jakarta, saya sampaikan bahwa tujuan beriklan adalah memberikan penyadaran,  atau dengan kata lain mengharapkan adanya kesadaran dari masyarakat/sekelompok masyarakat yang dituju, segmentif lah istilahnya. Iklan yang efektif berarti harus bisa memberi kesadaran dari yang antara lain :

  1. Menyadarkan dari yang belum tahu menjadi tahu
  2. Menyadari yang awalnya masih ragu menjadi yakin
  3. Menyadari yg awalnya sedikir mengenal semakin kenal dengan baik
  4. Menyadari yang awalnya tahu tapi tidak peduli sekarang menjadi lebih peduli
  5. Menyadari yang awalnya hanya tertarik sekarang merasa sesuai/cocok/pilihan tepat
  6. Menyadari untuk segera membelinya
  7. Menyadari apa yang dibeli adalah pilihan tepat (tidak berpindah ke lain hati/produk)

Nah untuk strategi  periklanan ada materi tersendiri yang biasanya lebih disesuaikan dengan produk dan target, saya terbiasanya memberikan dalam pelatihan durasi 8 jam, tidak cukup di email dan blog. Namun kali ini secara mendasar akan disampaikan  pemahaman mendasar.

  1. Pastikan dahulu,  ”Apakah sasaran yang hendak dicapai dalam bisnis cocok dengan sasaran beriklan ini?  Jika dirasa tidak maka segera alihkan rencana periklanan ke bentuk lain misal survey, personal selling, sosial media, event soft adv.
  2. Apakah anda hanya mengikuti cara beriklan dari pesaing? Jika jawabnya iya, pikirkan sejauh mana kekuatan pesaing Anda, jika lebih kuat secara finansial, SDM dan Strategi, beriklanlah dengan cara yang berbeda namun cepat menjangkau pasar, sehingga ketika pesaing sedang rapat2 maka anda sudah lebih duluan menjangkau pasar, untuk memberikan kesadaran penuh.
  3. Siapa yang akan anda pengaruhi dengan iklan dan manfaat apa yang sedang dibutuhkan oleh target Anda tersebut? Harganya, kuatnya, awetnya, gengsinya, jangkuannya, manfaatnya, uniknya atau karena kemudahan belinya.

Sukses untuk strategi iklan Anda. Semoga tujuan Anda selalu tercapai.

—  Ipan Pranashakti —

Kirim Komentar Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Permohonan narasumber workshop seminar bisnis marketing online

Narasumber Trainer Bisnis Kementerian Perindustrian

Narasumber Trainer Bisnis Kementerian Perindustrian

Narasumber Binis STAIN Kediri

Narasumber Binis STAIN Kediri

Narasumber Binis STAIN Kediri

Narasumber Webometrics World Class University Universitas Muhammadiyah Palembang

Narasumber Seminar Cyber World as Money Machine

Narasumber Universitas Muhammadiya Semarang

Trainer untuk Coach Bisnis

Narasumber Kewirausahaan STIKOM Surabaya

Narasumber Seminar Bisnis Malang

Laman

  • Download
  • DP BBM
  • Konsultasi
  • Profil Ipan

Kategori Tulisan

  • Belajar SEO (3)
  • Bisnis (104)
  • Internet (5)
  • Kewirausahaan (50)
  • konsultasi bisnis (4)
  • Marketing (64)
  • Marketing Dasar (15)
  • Mentoring Bisnis (9)
  • Peluang Usaha (14)
  • Toko Online (24)
  • Waralaba (2)
  • Website (7)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • RSS

Didesain oleh Elegant Themes | Didukung oleh WordPress